Dihadapan Gubernur, Cabor Kurash Lampung Bakal Target 6 Mendali Emas PN 2024

Institusi2035 Dilihat

Bandar Lampung – Mengejutkan. Saat rapat koordinasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) provinsi Lampung dengan seluruh cabang olahraga khususnya yang lolos Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, yang dipimpin Ketua KONI Provinsi Lampung, Arinal Djunaedi, menyeruak target yang cukup berani dari cabang olahraga Kurash.

Salah seorang pengurus dari Federasi Kurash Indonesia (Ferkushi) menjawab pertanyaan ketua harian KONI Lampung terkait target pencapaian medali Emas di PON.

Saat disampaikan bahwa KONI Lampung mentargetkan 4 medali Emas untuk Kurash, namun pengurus Kurash mengatakan bisa lebih, yakni 6 medali emas. “Bisa lebih pak, Enam Emas,” katanya Maya.

Untuk memberikan penjelasan tentang keberanian cabang olahraga Kurash mentargetkan medali emas ini, mediasenior.id mengkonfirmasi kepada head coach Ferkushi Lampung, Suwarli, terkait pasang target tinggi seperti ini.

Seperti diketahui bahwa Kurash adlah cabang olahraga baru yang hadir di PON XXI bersama 9 cabor lainnya, yang terhitung baru pertama kalinya berada di persaingan PON.

Menurut Suwarli dasar pertama adalah perolehan medali pada Babak Kualifikasi PON 2023, dimana Lampung berhasil memboyong 6 medali emas

“Tentu kami memiliki data dan beberapa factor penentu lainnya untuk menetapkan target. Meskipun tidak bisa juga mutlak yaa. Semua ada kuasa Allah. Namun untuk semua yang harus kami lakukan dan persiapkan sudah kami lakukan. Mulai dari penerapan Sport Science dan kontinyuitas dalam persiapan latihan anak-anak,” katanya.

Suwarli menunjukkan data yang bisa mendukung upaya pencapaian hasil maksimal itu. “Sejak pulang dari babak kualifikasi, kami terus melakukan tindak lanjut latihan dan kami lakukan secara rutin, Alhamdulillah sejauh ini tidak ada masalah yang berarti. Kondisi saat ini sudah pada posisi 60 ke 70 persen lah,” tambahnya.

Untuk mencapai 90 persen terus diupayakan dengan perencanaan dan pelaksanaan program pelatprov yang maksimal.

Lebih lanjut Suwarli mengatakan terkait target yang dicanangkan lebih dari lima medali emas, dengan catatan bahwa atlet Kurash bisa melakukan training camp di luar negeri, yakni di negara asalnya Kurash, Uzbekistan.

“Ya ini tentu konsekuansi logisnya. Kami tidak memaksakan harus demikian. Namun untuk memberikan dukungan secara teknis, memang kami memerlukan sparing partner yang lebih tinggi dari yang ada di persaingan PON nanti. Karena saat ini persaingan terberat adalah DKI Jakarta dan Jawa Timur. Dan menurut kabar mereka juga training camp ke luar negeri,” ungkapnya.

Namun, lanjut, Suwarli, jika posisi pendanaan KONI Lampung tidak memungkinkan, pihaknya juga tidak masalah. “Ya gak masalah. Ada 12 medali emas yang akan diperebutkan di Kurash yaitu 10 nomor fighting dan 2 nomor unutk Seni atau Uzul. Dan kami turun di seluruh kelas yang dipertandingkan,” katanya.

Seperti diketahui, Kurash sebagai cabor baru di PON XXI saat ini baru diikuti 22 provinsi termasuk dua tuan rumah, Aceh dan Sumut.

Ini perolehan medali babak kualifikasi PON 2023 yang lalu dari cabang olahraga Kurash:

Perorangan :

1. Friskila Nadapdap Juara 3 Kelas -48 kg

2. Mariha Salimah Juara 1 Kelas -57 kg

3. Pamela Windy Juara 1 Kelas -63 kg

4. Desti Lukman Juara 1 Kelas +70 kg

5. Josua Nadapdap Juara 3 Kelas -55 kg

6. Aldo Krisdiantoro Juara 3 Kelas -60 kg

7. Julian David Juara 1 Kelas -66 kg

8. Hadi Prayitno Juara 2 Kelas -73 kg

9. Dwi Susanti Lolos peringkat Kelas -52 kg

Seni /Uzul :

1. Mariha Salimah dan Aisyah Diah Subekti Juara 1 Uzul Putra

2. Aldo Krisdiantoro dan Julian David ?Juara 1 Uzul Putra. 

Don

Komentar