Gubernur Apresiasi 1 Jorong 1 Rumah Tahfiz di Solsel

Sumatera Barat367 Dilihat

Solsel —Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi pelaksanaan program satu jorong satu rumah tahfiz yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan. Terlebih, program itu sangat sejalan dengan konsentrasi Pemprov Sumbar dalam menyiapkan generasi masa depan yang beriman dan berilmu pengetahuan melalui wadah pendidikan.

Hal itu disampaikan Gubernur dalam agenda Safari Ramadhan Provinsi Sumbar di Masjid Jami’ Al-Mukhlisin Mudiak Lawe Barat, Nagari Sako Utara Pasia Talang, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solsel, Senin (18/03/2024). Gubernur menekankan, peran orang tua, guru, dan masyarakat sangat penting dalam pembinaan generasi muda yang akan memimpin bangsa di masa depan.

“Menjadi tanggung jawab pemerintah, orang tua, guru, dan masyarakat secara umum dalam membina anak-anak kita, agar tumbuh menjadi generasi beriman dan berilmu pengetahuan. Sebagaimana program yang dijalankan Pemkab Solsel, serta concern Pemprov Sumbar untuk generasi muda, maka semua itu adalah wujud komitmen kita dalam membina generasi muda,” ucap Gubernur.

Terhadap orang tua, guru, dan masyarakat secara umum, Gubernur Mahyeldi menekankan pentingnya memberikan contoh yang baik dalam perbuatan dan tutur kata kepada generasi muda, serta pentingnya keselarasan perkataan dengan perbuatan. Sebab, generasi muda akan mencontoh perbuatan dan lisan yang mereka dapatkan dari orang tua dan lingkungan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga menyerahkan bantuan pengembangan pembangunan Masjid Jami’ Al-Mukhlisin dari Pemprov Sumbar dan beberapa pihak serta lembaga lainnya. Rincian bantuan yang diserahkan antara lain dari Pemprov Sumbar senilai Rp50 juta, Bank Nagari Rp5 juta, Jamkrida Sumbar Rp5 juta, Disdik Sumbar Rp5 juta, serta bantuan Al-Quran dari Kanwil Kemenag Sumbar, Biro Kesra Setdaprov Sumbar, Dinas BMCKTR, Dinas PMD, dan KPID Sumbar.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Solsel, Khairunas, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Gubernur beserta rombongan TSR Provinsi Sumbar, sehingga dapat menjadi wadah silaturrahim dan semakin merekatkan hubungan Pemprov Sumbar dengan Pemkab Solsel, yang sejauh ini telah terjalin dengan sangat baik.

“Sebelumnya, Solsel sudah dipercayai sebagai Tuan Rumah pelaksanaan MTQ tingkat Sumbar. Ini sejalan dengan komitmen kami di bidang pendidikan agama, terbukti sejauh ini di seluruh 275 jorong yang ada, semuanya memiliki rumah tahfiz. Total ada 379 rumah tahfiz yang telah meluluskan 20.000 anak didik untuk juz 1 hingga juz 12. Terdekat, kami juga akan mewisuda 5.000 anak tahfiz,” ucap Bupati Khairunas.

Di samping itu, Bupati Khairunas juga menyampaikan harapan kepada Gubernur Sumbar untuk menjembatani perbaikan kerusakan jalan menuju Kabupaten Solsel. Terutama sekali ruas jalan yang berada di Kabupaten Solok. Sebab, setiap hari jalan tersebut menjadi jalur perlintasan barang dan orang dari dan menuju Kabupaten Solsel.

“Berdasarkan informasi dari Bapak Gubernur, sudah terjalin komunikasi dengan pihak kementerian untuk menindaklanjuti persoalan kerusakan jalan tersebut. Semoga, hasil yang diharapkan nantinya sesuai dengan harapan kami bersama masyarakat Solok Selatan,” ujar Kahirunas lagi.

Turut serta dalam rombongan Tim Safari Ramadhan (TSR) Provinsi Sumbar kali ini, Kadis BMCKTR Sumbar, Erasukma Munaf; Kadis, Pendidikan, Barlius; Kabiro Adpim, Mursalim; Kabiro Umum, Edi Dharma Syafni; unsur pimpinan Kanwil Kemenag Sumbar, KPID Sumbar; Bank Nagari, Jamkrida; dan turut dihadiri oleh Sekda Solsel, jajaran Kepala OPD Pemkab Solsel, dan DPRD Provinsi serta Kabupaten.

ADPSB

Komentar