Media Bisa Jadi Sarana Edukasi dan Campaign Wajib Pajak Loh, Tapiii….

Bandar Lampung698 Dilihat

Bandar Lampung — Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Bengkulu dan Lampung menggelar, Media Brifing di Lamban Sabah, pada 19 Maret 2024.

Acara tersebut dihadiri oleh Pewakillan DJP, kemudian para jurnalis, kemudian Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah, dan juga Plt Kanwil DJP Bengkulu Lampung Cucu Supriyatna, yang mengikuti agenda secara daring.

Dalam pemaparannya, Cucu menyebut dengan kehadiran media bisa membantu Kanwil, untuk mempublikasikan Infoasj seputar perpajakan dan mendidik masyarakat agar sadar sebagai wajib pajak.

“Juga dapat memberikan informasi tentang peraturan perpajakan untuk Masyarakat Lampung,” ujarnya 19 Maret 2024.

Apalagi lanjut Cucu, Direktorat Jenderal Pajak mempunyai kewajiban untuk menghinpun pajak, guna menopang APBN. Apalagi 80% APBN berasal dari penerimaan pajak.

Karena itu, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Bengkulu dan Lampung sangat perlu berkoordinasi dan bekerjasama dengan media di Lampung, guna mengedukasi masyarakat.

Karena Direktorat Jenderal Pajak, memiliki keterbatasan SDM jika upaya edukasi, hanya dilakukan oleh Pegawai internal saja.

“Jumlah pegawai kami se Indonesia hanya sekitar 45 Ribu, sedangkan masyarakat Indonesia totalnya 200 jutaan lebih,” katanya.

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Bengkulu dan Lampung menurut Cucu juga tiga tahun berturut-turut mencapain target penerimaan pajak di angka 100% sejak 2020-2022.

Tapii, sayang sekali (Kanwil DJP) Bengkulu dan Lampung belum memaksimalkan peran kerjasama media, padahal tak ada lagi jarak keduanya, sudah sering giat bersama bahkan mencanangkan informasi satu melalui group.

Sementara itu, Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah berharap, media bisa membantu mengedukasi masyarakat dan menyadarkan kewajibannya sebagai wajib pajak, melalui pemeberitaan yang dipublikasikan. Apalagi, pajak merupakan pondasi dari keuangan yang menopang pengelolaan negara.

“Kami berharap juga target DJP Bengkulu Lampung tahun ini bisa sampai dengan apa yang ditargetkan,”katanya.

Lanjut Wira, memang disadari masyarakat ataupun jurnalis kerap bingung dengan kosakata perpajakan, apalagi ketika hendak dipublikasikan, agar bisa dipahami masyarakat.

“Karena itu kolaborasi dengan media dalam pemberitaan dan edukasi, sangat penting,” katanya.

Dalam acara itu juga para peserta diberikan materi tentang pemahaman pajak dan cara mengisi SPT Pajak.

Red

Komentar