Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan di Kabupaten Blitar

Blitar369 Dilihat

Blitar, (Metropolis.co.id) – Bupati Blitar, Rini Syarifah melantik dan mengambil Sumpah/Janji kepada Pejabat Administrator dan Jabatan Pengawas di lingkup Pemerintah Kabupaten Blitar, Kamis malam (21/03/2024) di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro, Jln. Semeru No. 40 Blitar.

Ucapan selamat disampaikan Bupati Blitar kepada para pejabat yang baru dilantik, dengan harapan agar mereka mampu mengemban amanah dengan penuh tanggung jawab serta saling mendukung untuk mewujudkan visi Kabupaten Blitar Yang Mandiri dan Sejahtera Berlandaskan Akhlak Mulia.

“Pelantikan dan pengambilan sumpah pada hari ini cukup istimewa karena tepat pada puasa Ramadan hari ke-10. Semoga bisa menjadi momentum penting bagi kita semua untuk semakin mengukuhkan diri sebagai abdi negara, pelayan masyarakat,” ujarnya.

Bupati Rini mendorong para pejabat yang baru dilantik untuk menjadi pionir dalam inovasi, kebijakan, dan kompetensi, serta menegaskan pentingnya fokus pemerintah pada hasil dan pelayanan yang berkualitas bagi masyarakat.

Selain itu, Bupati juga menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan kerja keras seluruh jajaran yang telah berhasil menuntaskan program dan kegiatan pada tahun sebelumnya. Capaian kinerja tahun 2023 menunjukkan peningkatan yang signifikan di berbagai bidang, seperti tercapainya target Pendapatan Daerah serta peningkatan Indeks Pembangunan Manusia dan Reformasi Birokrasi.

“Meskipun terjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2023, namun kualitas pertumbuhan tersebut tercermin dari penurunan angka pengangguran dan kemiskinan yang signifikan. Tingkat kemiskinan di Kabupaten Blitar pada tahun 2023 mencapai level terendah dalam 20 tahun terakhir, menempatkannya sebagai salah satu dari empat kabupaten dengan angka kemiskinan terendah di Jawa Timur,” ungkapnya.

Rini Syarifah menyebut, Kabupaten Blitar berhasil menekan tingkat kemiskinan ekstrim dan meningkatkan nilai Indeks Reformasi Birokrasi serta Sistem Merit. Namun demikian, Bupati menekankan bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, dan mengajak seluruh jajaran untuk tetap berkolaborasi dalam upaya menjalankan amanah ini dengan niat ibadah.

“Dengan semangat “Huruf Hambangun Praja”, diharapkan semua dapat terus bersinergi dan berkarya untuk kebaikan masyarakat,” tegas Bupati.

Untuk diketahui, acara tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Asisten, Staf Ahli dan Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar, dan terdapat 43 pejabat yang dilantik.

Adv/Eko

Komentar