Prabowo-Gibran Pemenang Pilpres 2024

Nasional1619 Dilihat

Jakarta, (Metropolis.co.id) – Rekapitulasi suara tingkatan nasional buat Pilpres 2024 sudah berakhir dicoba pada Rabu (20/3/2024). Dari 38 provinsi di Indonesia, paslon no urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di 36 provinsi dengan perolehan 96 juta suara.

Paslon no urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar unggul di 2 provinsi dengan perolehan 40 juta suara. Sedangkan paslon no urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md tidak unggul di provinsi manapun dengan perolehan 27 juta suara.

Dengan hasil tersebut, KPU RI juga menetapkan Prabowo-Gibran selaku pemenang Pilpres 2024.

Dikenal Prabowo Subianto menggelar kegiatan buka bersama sembari memantau pengumuman hasil rekapitulasi KPU. Prabowo berkumpul dengan para pimpinan universal partai politik pengusung di kediamannya di Jalur Kertanegara No 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sedangkan itu, Gibran yang tidak turut berkumpul bersama koalisinya di Jakarta berkata dirinya hendak merangkul paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar serta paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Gibran berkata seluruh paslon mempunyai visi misi yang sama ialah buat memajukan bangsa.

“Ya seluruh dirangkul, seluruh memiliki visi misi buat memajukan bangsa, ya itu jika ingin dirangkul,” kata Gibran di Solo, Rabu (20/3/2024).

Dikala ditanya apakah telah terdapat pembicaraan menimpa perihal tersebut, Gibran tidak menanggapi dengan gamblang. Gibran berkata grupnya hendak menindaklanjuti.

“(Sejauh ini sempat terdapat pembicaraan dengan paslon lain?) Ya nanti kami tindak lanjuti,” ucap Gibran.

Menjelang penetapan hasil rekapitulasi suara, paslon no urut 1 Anies-Cak Imin ngabuburit bersama dengan mengendarai motor vespa. Anies-Cak Imin mencari takjil di Pasar Takjil Bedungan Hilir, Jakarta Pusat.

Anies-Cak Imin nampak banyak menenteng jajanan hasil ‘war. takjil’,. sebutan yang menggambarkan banyak aktivitas jajanan mencari takjil kesukaan jelang buka puasa.

“Ini ceker mercon, bubur padang, batagor, pisang ijo. Ini sangat dicari), ikan teri,” ungkap Cak Imin di Pasar Takjil Benhil, Rabu (20/3/2024).

Pernah takut sebab berangkat ngabuburit sangat sore, Anies mengaku sudah sukses memenangkan ‘war. takjil’. Anies juga mengaku bahagia sebab sukses memperoleh banyak jajanan.

“Alhamdulillah kita menang ‘war. takjil’. Soalnya tadi dari berangkat telah khawatir habis, udah sore. Pokoknya seneng, seluruh goreng-gorengan kesukaan Nah ini es buah, katanya lezat banget,” kata Anies.

Sehabis ‘war. takjil’,. keduanya berangkat ke kediaman Jusuf Kalla buat berbuka puasa bersama di Jalan Brawijaya Raya, Jakarta Selatan. Dikenal Jusuf Kalla mengundang Anies, Cak Imin, serta Pimpinan Universal Partai NasDem Surya Paloh buat buka puasa bersama di kediamannya.

Di sisi lain, Paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md berkumpul di posko pemenangan, Jalur Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat buat buka puasa bersama dilanjutkan dengan nonton bareng pengumuman KPU.

Bersumber pada pantauan detikcom, Mahfud datang terlebih dulu pada jam 17.42 WAKTU INDONESIA BARAT (WIB) dengan setelan batik bercorak cokelat. Tidak berselang lama, Ganjar Pranowo merambah tempat kegiatan buka puasa bersama jam 18.10 Waktu indonesia barat (WIB) Ganjar nampak menggunakan kemeja bercorak gelap

Dalam peluang tersebut, Ganjar menyebut regu hukumnya sudah melaksanakan persiapan buat mengalami sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kita telah siap, telah nyiapin banyak perihal regu hukum kita pula telah siap. Hingga kita hendak ikuti proses, insyaallah seluruh temen-temen telah mempersiapkan dengan baik,” ucap Ganjar di Posko Pemenangan Ganjar Mahfud, Jalur Teuku Umar, Menteng, Jakpus, Rabu (20/3/2024).

Sehabis Prabowo-Gibran formal dinyatakan selaku pemenang Pilpres 2024, kira-kira apa langkah yang hendak diambil oleh kompetitornya? Apakah hak angket hendak digulirkan oleh PDIP? Ulasan sepenuhnya hendak dikupas tuntas dalam program detik Pagi edisi Kamis (21/3/2024).

detik

Komentar