Pendaftaran resmi ditutup, Jumlah Pendaftar SBNT Unila Melesat Hingga 37.625

Kabar Kampus593 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2024 telah ditutup pada Jumat, 5 April 2024 pukul 15.00 WIB.

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Wakil Rektor bidang Akademik Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., jumlah siswa yang mendaftar ke Unila jalur ini mengalami peningkatan yang signifikan. Pendaftar SNBT Unila 2024 dilaporkan mencapai 37.625 pendaftar atau meningkat sebanyak 8.866 (30,82 %) dari tahun lalu yang berjumlah 28.759 pendaftar.

Tercatat pendaftar yang memilih Unila pada pilihan pertama sebanyak 13.111 (34,85%), pilihan kedua sebanyak 13.311 (35,38%), pilihan ketiga sebanyak 6.068 (16, 13%) dan pilihan keempat sebanyak 5.135 (13,65%).

Jalur SNBT menjadi jalur seleksi yang memiliki persentase daya tampung terbesar. Daya tampung SNBT Unila mencapai 54,47 % atau 5.346 dari jumlah total keseluruhan, yakni 9815.

Untuk pemeringkatan lima besar program studi S-1 Unila dengan peminat terbanyak di bidang soshum diraih oleh program studi ilmu hukum, manajemen, PGSD, ilmu komunikasi dan akuntansi. Sementara lima besar peminat terbanyak di bidang saintek adalah pendidikan kedokteran, farmasi, teknik informatika, ilmu komputer dan teknik sipil.

SNBT adalah sistem seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru yang dikelola oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) bekerja sama dengan perguruan tinggi negeri (PTN). Penilai pada jalur seleksi ini berdasarkan hasil ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) saja atau hasil UTBK dan kriteria lainnya yang ditetapkan bersama oleh PTN.

Tahun ini siswa yang mendaftar SNBT 2024 bisa memilih hingga empat program studi sesuai dengan ketentuan. Keempatnya terdiri dari 2 program akademik (Sarjana), program vokasi (D-3, D-4, ataupun Sarjana Terapan) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Dr. Eng. Suripto menghimbau agar pendaftar SNBT 2024 dapat segera mencetak kartu peserta ujian, memeriksa jadwal ujian dengan seksama, dan melakukan pengecekan lokasi ujian satu hari sebelum pelaksanaannya.

Agar pelaksanaan ujian nantinya lancar, Tim PMB Unila akan membuat peta dan video lokasi ujian serta kembali menginformasikan peraturan dan tata cara pelaksanaan ujian di laman resmi penerimaan mahasiswa baru (PMB) Unila simanila.unila.ac.id.

“Nanti secara lengkap akan kami sampaikan di web resmi PMB Unila terkait kebutuhan atau keperluan apa saja yang dipersiapkan untuk dibawa saat ujian. Walaupun di kartu peserta itu pasti sudah ada tapi nanti tetap kami sampaikan di web sehingga mereka tidak lupa.sudah ada daftar adik atau peserta tapi kami akan tetap,” ucapnya.

Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, DEA., IPM., ASEAN Eng. turut memberikan tanggapannya atas jumlah pendaftar yang meningkat. Ia mengatakan dengan naiknya jumlah peminat pada jalur SNBT 2024 artinya kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap Unila semakin tinggi
“ Tentunya karena Unila saat ini telah menjadi salah satu PTN favorite,” ucap Prof. Lusi.

Pelaksanaan UTBK bagi peserta SNBT 2024 akan dibagi menjadi dua gelombang. UTBK gelombang pertama akan dilakukan pada 30 April 2024, dan 2 – 7 Mei 2024. Sedangkan gelombang kedua pada 14 – 20 Mei 2024. Jumlah peserta yang akan mengikuti tes UTBK di Unila dilaporkan berjumlah 16.781 peserta

Humas UNILA

Komentar