FH Gelar Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Peradilan Semu

Kabar Kampus483 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Fakultas Hukum (FH) Universitas Lampung (Unila) menggelar peletakan batu pertama pembangunan Gedung Peradilan Semu kampus setempat. Kegiatan diawali senam kolaborasi dengan tema “Di Dalam Tubuh yang Sehat Terdapat Jiwa yang Kuat”, di Lapangan Sepak Bola Unila, Jumat, 19 April 2024.

Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng., mengapresiasi Pemerintah Kota Bandar Lampung melalui Wali Kota Eva Dwiana yang telah membantu mewujudkan pembangunan Gedung Peradilan Semu guna meningkatkan sarana pembelajaran mahasiswa FH Unila.

“Upaya mewujudkan laboratorium hukum terpadu di lingkungan FH Unila sudah lama dinantikan sivitas akademika. Upaya tersebut dilakukan sejak tahun 2017 oleh Dekan (Alm) Armen Yasir, S.H., M.H., dengan dibuatnya desain dan gambar Gedung Peradilan Semu FH Unila. Alhamdulillah akhirnya harapan tersebut dapat terwujud tahun 2024,” ujar Rektor Unila.

Pembangunan ini membuktikan komitmen pemerintah daerah untuk mendukung pembangunan sektor pendidikan di lingkungan Kota Bandar Lampung melalui hibah gedung tiga lantai yang akan difungsikan sebagai Gedung Peradilan Semu.

“Pada bidang perlombaan, mahasiswa FH Unila memiliki prestasi sangat membanggakan dan mampu bersaing dengan berbagai universitas besar di Indonesia. Prestasi perlombaan peradilan semu tingkat nasional telah diraih sejak tahun 1998 hingga saat ini, serta kompetisi bergengsi nasional lainnya. Hal itu merupakan motivasi dan semangat dalam membangun gedung ini,” tambahnya.

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana, dalam sambutannya mengapresiasi pembangunan Gedung Peradilan Semu. Ia berharap, gedung tersebut mampu membuat Kota Bandar Lampung khususnya Unila, dalam bidang pendidikan tidak kalah dengan daerah lainnya di Indonesia.

Dekan FH Unila Dr. M. Fakih, S.H., M.H., M.S., dalam sambutannya mengatakan, pembangunan Gedung Peradilan Semu merupakan wujud mimpi FH Unila sejak lama. Kendati FH Unila belum memiliki Ruang Peradilan Semu yang memadai, akan tetapi antusiasme para mahasiswa tak pernah surut dalam belajar.

“Hal ini terbukti dari banyaknya mahasiswa FH Unila yang mendominasi juara-juara di tingkat nasional. Pada tahun 2023, seluruh piala Mahkamah Agung hingga Kejaksaan Agung disabet mahasiswa FH Unila. Pembangunan gedung ini merupakan bentuk uluran tangan Ibu Wali Kota dan IKA FH Unila yang begitu concern dan bersinergi terhadap pendidikan, terkhusus di FH Unila,” ujarnya.

Ketua Umum IKA FH Unila Dr. Asri Agung Putra, S.H., M.H., menambahkan, Gedung Peradilan Semu merupakan bagian terpenting FH Unila, salah satunya dalam mempersiapkan alumni yang lebih siap dalam bidang hukum.

“Sebagai alumnus saya terharu melihat pembangunan gedung telah dimulai. IKA FH Unila dengan mengusung slogan motivasi, edukasi, dan advokasi, siap melaksanakan untuk kepentingan alumni, almamater, dan Kota Bandar Lampung. Semoga gedung ini bisa digunakan optimal sehingga mencetak alumni yang lebih siap bekerja di bidangnya,” katanya.

Peletakan batu pertama seremoni pembangunan dilakukan Wali Kota Bandar Lampung, Rektor, dan Dekan FH. Kegiatan turut dihadiri Dandim Bandar Lampung Kolonel Arh Tan kurniawan S.A.P., M.Ipol., Forkopimda Kota Bandar Lampung, Ketua dan Sekretaris Senat Unila, para Wakil Rektor Unila, serta pejabat kampus lainnya.

Humas UNILA

Komentar