Tiga Dosen Muda UIN Mahmud Yunus Batusangkar Lakukan Visiting Lecture

Kabar Kampus108 Dilihat

Tanah Datar, (Metropolis.co.id) – Sebagai upaya meningkatkan kolaborasi akademik dan pengembangan layanan pendidikan, tiga dosen muda Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar melakukan visiting lecture di UIN Antasari Banjarmasin Kamis, 25/04/24.

Ketiga dosen tersebut adalah Sulastri Caniago, M.Ag Ketua Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhshiyah), Dian Pertiwi, M.H Ketua Program Studi Hukum Tata Negara dan Saadatul Maghfira, M.H Ketua Program Studi Hukum Ekonomi Syariah.

Materi yang disampaikan tersebut mengandung dua dari tiga pilar utama program visiting lecture, yakni “Mengenal Sistem Pemerintahan Nagari di Minangkabau” dan “Tradisi Jual Beli Marosok di Minangkabau” ini betul-betul tentang sistem alam Minangkabau, serta membahas Menakar Peluang Ijtihad dalam Dinamika Hukum Keluarga Islam Kontemporer”

“Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk berbagi ilmu dan pengetahuan dengan akademisi dan mahasiswa Fak. Syariah UIN Antasari Banjarmasin, serta memperkuat hubungan kerjasama antara Fak. Syariah UIN Mahmud Yunus Batusangkar dengan Fak. Syariah UIN Antasari Banjarmasin.

Dekan Fak. Syariah UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Prof. Dr. H. Zainuddin, MA. mendukung baik program Visiting Lecturer ini. “Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk nyata komitmen Fak. Syariah UIN Mahmud Yunus Batusangkar dalam meningkatkan kualitas SDM dan daya saing di kancah nasional,” tuturnya.

Lebih lanjut, Prof Zainuddin berharap program ini dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, “Semoga melalui program ini, terjalin kerjasama yang lebih erat dalam bidang pendidikan dan penelitian, serta dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di kedua institusi,” harapnya.

Salah satu dosen Fak. Syariah UIN Mahmud Yunus Batusangkar Dian Pertiwi, mengatakan ini sebagai upaya meningkatkan kolaborasi dalam memberikan pendidikan dan pengajaran, selain sebagai bentuk rekognisi terhadap dosen UIN Mahmud Yunus Batusangkar, ini (visiting lecture) juga merupakan kesempatan berbagi ilmu dan pengetahuan sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing, “sebutnya.

Humas UIN-MYB

Komentar