Marindo Sebut Kegiatan Dharmasanti Wujud Toleransi Beragama

Pringsewu756 Dilihat

Pringsewu, (Metropolis.co.id) – Pj Bupati Pringsewu Dr Marindo Kurniawan menyambut baik dilaksanakan kegiatan Dharmasanti yang merupakan rangkaian pelaksanaan Hari Raya Nyepi mempunyai makna yang sangat dalam bagi umat Hindu.

Selain merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari rangkaian Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1946, acara hari ini diselenggarakan bertujuan untuk menjalin dan mempererat tali simakrama umat Hindu di Kabupaten Pringsewu.

“Sehingga kita semua dapat saling memaafkan kesalahan masing-masing serta mengupayakan untuk tidak membuat kesalahan lagi di kemudian hari.
Konsep ini mengajarkan bahwa semua manusia di seluruh penjuru bumi adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa,” tegas Marindo saat acara, Minggu 28 April 2024.

Oleh karena itu, menurutnya, kita seharusnya saling menyayangi, memaafkan kesalahan satu sama lain, dan hidup dalam damai.

“Ini juga menunjukan tujuan mulia yang
mengajarkan dan menguatkan toleransi beragama dan mengajarkan pentingnya hidup dalam damai,” timpalnya.

Sebab, pada hakikatnya, agama dan keyakinan adalah hak masing-masing individu yang harus kita hormati dan pilihan yang kita harus laksanakan dengan sebaikbaiknya sebagai hamba-Nya.

“Dharma Santi tahun ini kian bermakna, karena mengangkat tajuk mengangkat tajuk “Sat Cit Ananda untuk Indonesia
Jaya”, dimana Sat Cit Ananda adalah kesadaran akan kebenaran menuju kebahagiaan, jika setiap insan sadar akan kebenaran bahwa kita sebagai warga NKRI, tentu kita akan melaksanakan yang namanya Swadharmaning Negara dan Agama dengan benar, ” tegas Kepala BPKAD Provinsi Lampung itu.

Terutama pasca momentum Pemilihan serentak Presiden/Wakil Presiden dan Legislatif Tahun 2024 lalu yang menjadi fase pembuktian kedewasaan demokrasi bangsa Indonesia khususnya umat Hindu di Kabupaten Pringsewu dalam Swardhamaning Negara ikut mensukseskan Pemilu dan mampu ikut menjaga stabilitas keamanan pasca Pemilu.

“Untuk itu, besar harapan saya selaku Penjabat Bupati Pringsewu yang saat ini juga mengemban amanah untuk mempersiapkan dan mensukseskan satu lagi momentum penting yaitu Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 ini, semoga semua dapat bersinergi dan membantu saya mewujudkan hajat besar tersebut,” kata Marindo.

Tim

Komentar