Pekan Raya Lampung: Hiburan Rakyat, Edukasi, dan Peluang Ekonomi

Saburai931 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Pemerintah Provinsi Lampung akan menggelar Pekan Raya Lampung (PRL) 2024 sebagai salah satu rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun Ke-60 Provinsi Lampung, mulai tanggal 22 Mei – 10 Juni 2024 mendatang di PKOR Way Halim.

PRL 2024 didesain dengan perpaduan kegiatan, antara lain Pameran pembangunan dan pelayanan publik, Pengembangan UMKM, Pertunjukan kesenian, musik dan Pagelaran budaya, Kegiatan atraktif dan kontes/perlombaan, Sentra jasa, niaga dan kuliner, Wahana hiburan dan permainan anak.

PRL 2024 juga akan menampilkan rangkaian kegiatan, antara lain Pameran capaian pembangunan dan potensi unggulan daerah, Festival budaya dan pariwisata, serta kuliner kaya rasa, Talk show UMKM, Fashion show, Urban fashion market, Otomotive show and car contest, Education exhibition, Pembinaan pemuda melalui pelatihan kewirausahaan, Street art and iconic landmark photo booth, Panggung hiburan artis nasional ataupun lokal (local heroes) dan Ragam wahana permainan.

Selain kegiatan diatas, PRL 2024 juga mengadakan berbagai lomba yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat umum dalam kurun waktu dari tanggal 23 Mei s/d 9 Juni 2024 (tentative), seperti Festival band untuk pelajar, Festival anak kreatif (lomba mewarnai dan pentas seni), Lomba video kreatif PRL, Pemilihan Duta PRL, Tiktok Challenge Lampung terkini dan Lomba stand serta anjungan terbaik.

Sekdaprov Fahrizal Darminto menjelaskan, selain untuk menyebarluaskan informasi capaian hasil pelaksanaan pembangunan, PRL 2024 juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang berbagai program dan aktivitas pembangunan sekaligus memberi hiburan bagi masyarakat di Provinsi Lampung.

“Nanti akan ada pembinaan kewirausahaan bagi pemuda. Juga ada edukasi masyarakat tentang pembinaan kepemudaan biar mereka memiliki jiwa kewirausahaan, punya mental yang tangguh, mengerti tentang bahaya narkoba, paham akan radikalisme dan lain-lain. Jadi kontennya itu lengkap,” kata Sekdaprov di Ruang Kerjanya, Rabu (15/5/2024).

Pada pelaksanaan PRL 2024, Pemerintah Provinsi Lampung menggandeng PT. Grand Modern Indonesia sebagai mitra penyelenggara PRL 2024, sesuai Keputusan Gubernur Lampung Nomor G/212/B.04/HK/2024 tanggal 1 Maret 2024.

“Tahun ini kita telah menunjuk suatu badan usaha untuk melakukan kegiatan PRL 2024. Satu sen pun tidak ada dana APBD disitu. Kita memberikan kepercayaan kepada EO untuk mengorganize itu (PRL 2024),” terang Sekdaprov.

Terkait tarif tiket masuk, Sekdaprov menjelaskan bahwa penyelenggara mengenakan tarif dasar sebesar Rp15.000 pada hari kerja (weekday) dan Rp35.000 – Rp50.000 pada akhir pekan (weekend).

“Kita melihat dari kemampuan masyarakat sekarang, Ya intinya 35.000 sampai 50.000 karena itu kan ada artis-artis ibukota. Untuk weekday kita juga memerhatikan artis lokal, tarif dasar tetap 15.000 kalau weekday,” ujar Sekdaprov.

Penyelenggara PRL juga menggratiskan tiket masuk untuk anak-anak dengan tinggi di bawah 1 meter (wajib melakukan pengukuran di loket), ibu hamil dan lansia di atas 60 tahun (menggunakan e-KTP dan hanya berlaku 1 kali kunjungan)

Diskominfo

Komentar