UIN Raden Intan Lampung Kembali Tandatangani MoU dengan Suez Canal University Mesir

Kabar Kampus341 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) dengan Suez Canal University Egypt kembali memperkuat kerjasama bilateral melalui penandatanganan perpanjangan Memorandum of Understanding (MoU) di Ruang Rapat Rektor, Selasa (21/05/2024).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Rektor UIN RIL, Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD dengan perwakilan dari Suez Canal University, Prof Tamer Sa’ad Ibrahim Khedr.

MoU ini merupakan kerja sama lanjutan yang sudah terjalin lama antar dua universitas. Kedua universitas ini bersama-sama melakukan kerja sama yang bertujuan untuk membangun dan mengembangkan sinergitas yang kolaboratif. Serta melakukan pertukaran budaya antara kedua institusi yang berbeda, dengan mempertimbangkan kepentingan bersama, dan prioritas dalam pendidikan dan penelitian ilmiah.

Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang telah terjalin selama ini antara kedua universitas. Ia berharap MoU yang diperpanjang ini dapat semakin memperkuat kerja sama dan membawa manfaat bagi kedua belah pihak.

“Kerja sama ini merupakan bukti komitmen UIN Raden Intan Lampung dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di tingkat internasional,” ujar Prof Wan.

Selain itu, MoU ini bertujuan untuk memfasilitasi kerja sama di bidang pendidikan dan penelitian ilmiah, termasuk pertukaran penelitian ilmiah, maupun pertukaran mahasiswa sarjana dan pascasarjana.

Sementara itu, Prof Tamer mengatakan pihaknya sangat senang dapat melanjutkan kerja sama dengan UIN Raden Intan Lampung. Ia mengaku UIN Raden Intan Lampung saat ini sudah sangat maju dalam sarana dan prasarana, serta iklim universitas yang sangat baik.

“Hal itu membuat saya nyaman berada di kampus ini. Semoga dengan adanya MoU ini dapat menjadi manfaat untuk kedua kampus,” katanya.

Ini merupakan kedatangan kali kedua baginya. Ia hadir sebagai narasumber Webinar Internasional dan dosen tamu dalam kuliah umum Metode Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif Prodi Magister Bahasa Arab UIN RIL pada Sabtu-Minggu,18-19 Mei 2024 di Ruang Rapat Pascasarjana setempat.

Ia yakin bahwa MoU yang diperpanjang ini akan membuka peluang baru untuk kerja sama yang lebih luas dan bermanfaat bagi kedua universitas. “Paling dekat jalinan kerja sama yang akan dilakukan adalah perkuliahan daring (dengan pertukaran dosen yang mengajar di kedua kampus),” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, pada Oktober 2023 lalu, selama 1 bulan ia mengajar dalam program scholars in residence di berbagai prodi di lingkungan UIN Raden Intan Lampung. Termasuk kedatangan kali ini juga akan mengajar di Prodi Bahasa Arab (S1) dan beberapa prodi lainnya.

Acara penandatanganan ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor III, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Kepala Pusat Pengembangan Bahasa / International Office, Koordinator Humas dan Kerjasama serta dosen Pendidikan Bahasa Arab UIN RIL.

Humas UIN-RIL

Komentar