Bimtek Dinas Peternakan dan Pelepasan Petugas Hewan Qurban

Blitar59 Dilihat

Blitar, (Metropolis) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Peternakan Kabupaten Blitar menggelar bimbingan teknis (Bimtek) serta pelepasan petugas pemantau kesehatan dan pemotongan hewan qurban. Acara ini digelar di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, pada Rabu, 29/05/2024.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Blitar, Rini Syarifah, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Blitar, Eko Susanto, serta para petugas pemantau hewan kurban yang bakal menjalankan tugasnya saat pelaksanaan kurban.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Blitar, Rini Syarifah, mengatakan, petugas pemotongan hewan akan mendapatkan materi guna bekal pemantau hewan untuk menjalankan tugasnya.

“Sehingga hal ini bisa meminimalisir adanya kesalahan penanganan pada hewan yang bakal disembelih,” katanya.

Rini Syarifah juga meminta agar petugas pemantau kesehatan dan pemotongan hewan kurban memberikan rasa aman dan meyakinkan kepada masyarakat, bahwa hewan yang akan dikurbankan adalah hewan sehat dan layak serta produknya aman, sehat, utuh dan halal (ASUH) untuk dikonsumsi.

“Saya harap semuanya mengikuti kegiatan bimbingan teknis ini secara serius sebagai bekal semuanya supaya lancar dan aman dalam menunaikan tugas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rini Syarifah juga mengungkapkan, agar proses pemantauan dan pendampingan bisa dilakukan dengan sebaik-baiknya. Apabila di lapangan terdapat berbagai kendala, harus diselesaikan dengan cara- cara yang profesional, efektif, tepat, terukur, proporsional dan pendekatan yang humanis.

“Semoga pelaksanaan kurban pada tahun ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Masyarakat kabupaten Blitar juga bisa mendapatkan manfaat dari hewan kurban dan bulan yang mulia ini,” ungkapnya.

Sementara itu, di lain pihak, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Blitar, Eko Susanto, menjelaskan, adapun personal petugas pemantau kesehatan dan pemotongan hewan kurban pada 1445 H/ 2024 ini sebanyak 273 personil. Para petugas nantinya akan disebar di 22 kecamatan dan desa di wilayah kabupaten Blitar.

“Kami harapkan seperti yang disampaikan oleh Bupati Blitar, bahwa pelaksanaan kurban tahun ini di Kabupaten Blitar bisa berjalan dengan lancar tanpa ada halangan yang berarti,” jelasnya.

Eko

Komentar