Bupati Blitar Hadiri Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Janji Anggota Panwaslu

Blitar125 Dilihat

Blitar, (Metropolis) – Bupati Blitar, Rini Syarifah, menghadiri acara pelantikan dan pengambilan sumpah janji serta pembekalan Anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kelurahan/Desa se-Kabupaten Blitar di Hotel Grand Mansion Kota Blitar, Minggu (02/06/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Blitar, Rini Syarifah menyampaikan, atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Blitar memberikan ucapan selamat kepada Panwaslu Tingkat Desa yang telah diambil sumpah dan janji sebagai anggota Panwaslu Desa/Kelurahan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

”Karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa penyelenggaraan Pemilu yang demokratis, jujur, dan adil merupakan salah satu pilar penting dalam membangun bangsa dan negara ini. Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan peran aktif dari berbagai pihak, salah satunya adalah Panwaslu desa/kelurahan,” katanya.

Rini Syarifah menjelaskan, pengawas pemilu memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat besar dalam mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilu. Oleh karena itu, Panwaslu haruslah diisi oleh orang-orang yang memiliki integritas, profesionalitas, dan komitmen yang tinggi dalam menjaga demokrasi di negeri ini.

“Saya yakin, panjenengan adalah orang-orang pilihan terbaik yang akan membawa Pilkada 2024 di Kabupaten Blitar lancar, aman dan sukses. Dan saya percaya, panjenengan semua mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya. Pesan ini juga saya sampaikan kepada seluruh komponen penyelenggara Pilkada 2024 yang lain”, jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Rini Syarifah juga mengajak seluruh Anggota Panwaslu di tingkat Kelurahan dan Desa bekerja dengan ekstra dan bersikap netral pada pelaksanaan Pemilihan Serentak Kepala Daerah bulan November mendatang.

“Sekali lagi saya menghimbau kepada semua petugas untuk bekerja yang jujur, adil dan transparan jangan sampai dikotori dengan hal-hal yang tidak perlu dilakukan. Karena dapat merugikan semua pihak termasuk panwaslu Kabupaten Blitar,” tuturnya.

Rini Syarifah juga mengungkapkan, anggaran yang digelontorkan untuk panwaslu Kabupaten Blitar tidaklah sedikit, sehingga harus amanah dalam menjalankan tugas. Mengingat saat ini, banyak kebutuhan di Pemkab Blitar namun masih bisa menganggarkan, jadi hal tersebut wajib diperhatikan.

“Kurang lebih ada 18 milyar yang kami hibahkan untuk panwaslu di Pilkada tahun ini, khusus petugas tingkat Kelurahan dan Desa yang dilantik sebanyak 248 orang atau setiap wilayah ada satu orang,” ungkapnya.

Rini Syarifah juga menekankan segera melakukan koordinasi antar sektor untuk memetakan persiapan Pilkada. Kebanyakan Anggota panwaslu masih usia muda diharapkan membawa perubahan yang besar terutama dalam mensukseskan gelaran lima tahunan ini.

“Saya meminta, perkuat sinergitas antar semua lapisan masyarakat lantaran hal itu merupakan kunci utama dalam menjaga kesatuan. Beda pilihan wajar namun kekompakan dan kebersamaan wajib dijaga sampai kapanpun,” pungkasnya.

Eko

Komentar