Bupati Blitar Buka Musrenbang Kalimanis Kecamatan Doko 2024

Blitar45 Dilihat

Blitar, (metropolis) – Bertempat di Desa Kalimanis, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar, Bupati Blitar, Rini Syarifah, membuka Pelatihan Pemberdayaan Perempuan dalam meningkatkan usaha melalui membatik pelaksanaan Musrenbang 2024, Selasa, (4/6/2024).

Dalam penyampaiannya, Rini Syarifah mengatakan, pemberdayaan perempuan sangat penting dilakukan agar para perempuan dapat secara berkelanjutan meningkatkan kapasitas dan kepercayaan dirinya. Sehingga kaum perempuan dapat berpartisipasi aktif di setiap lini pembangunan yang ada di Indonesia.

“Sesuai dengan data pada Profil Gender Kabupaten Blitar Tahun 2023, jumlah perempuan kepala keluarga atau PEKKA di Kabupaten Blitar sebanyak 30.764 orang, dimana para perempuan tersebut merupakan penanggungjawab utama atas kebutuhan dan kesejahteraan anggota keluarganya,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Rini Syarifah, perempuan diharapkan memiliki kekuatan, keberanian, dan kemampuan untuk mengambil kendali atas kehidupan mereka sendiri, baik secara individu maupun dalam masyarakat.

“Untuk itu, perempuan harus berkontribusi secara signifikan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk politik, ekonomi, sosial, dan budaya,” tuturnya.

Rini Syarifah juga menjelaskan, bahwa terdapat tantangan utama yang secara umum dihadapi oleh para perempuan antara lain, adanya ketidaksetaraan gender. Misalnya akses yang lebih terbatas dalam memperolah kemudahan dalam mendapatkan lapangan pekerjaan, pendidikan, kesehatan, maupun sebagai pengambil keputusan dibandingkan dengan laki-laki.

“Tantangan lain bagi perempuan yaitu adanya kekerasan berbasis gender, dimana perempuan lebih rentan mendapatkan kekerasan bahkan perdagangan manusia (trafficking) dan eksploitasi,” jelasnya.

Rini Syarifah mengungkapkan, untuk menjawab berbagai tantangan yang dihadapi oleh kaum perempuan tersebut, dilakukan dengan cara melaksanakan program-program pencegahan kekerasan terhadap perempuan, percepatan pelaksanaan pengarusutamaan gender dan kegiatan pemberdayaan perempuan.

“Salah satunya seperti kegiatan kita hari ini yaitu Pelatihan Pemberdayaan Perempuan dalam Meningkatkan Usaha salah satunya melalui Pelatihan Membatik,” ungkapnya.

Di lain pihak, Kepala Dinas P3APPKB Kabupaten Blitar, Drs. Hankam Indoro, M.Si menyampaikan, kegiatan pelatihan membatik ini diikuti oleh perempuan kepala keluarga, remaja putus sekolah, kader PKK dan GOW Kabupaten Blitar dengan narasumber Tim Asosiasi Batik Kabupaten Blitar.

“Harapannya masyarakat luas bisa mengetahui bahwa di Desa Kalimanis terdapat obyek wisata yang layak untuk dikunjungi, yakni kawasan Puncak Langit,” ujarnya.

Masih menurut Hankam Indoro, dipilihnya kawasan Puncak Langit ini juga sebagai upaya untuk memperkenalkan obyek wisata tersebut kepada masyarakat luas.

“Karena selain bisa menikmati udara yang sejuk juga bisa camping serta menikmati pemandangan Gunung Kawi dan perkebunan di bawahnya,” pungkasnya.

Eko

Komentar