Bertemakan Peluang dan Tantangan Bahasa Arab di era digital 5.0, Prodi PBA UIN MY Batusangkar Gelar Visiting Doctor

Kabar Kampus420 Dilihat

Tanah Datar, (Metropolis.co.id) – Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Mahmud Yunus Batusangkar Sumatera Barat menyelenggarakan Kegiatan Visiting Doctor pada Hari Kamis, 30 Mei 2024 di Gedung K.4. Tema Visdoc yakni Peluang & Tantangan Bahasa Arab di era digital 5.0.

Acara ini dibuka oleh Dekan FTIK Uin Mahmud Yunus Batusangkar yakni Ibu Prof. Dr. Suswati Hendriarni M.Pd, M.Pd. Dalam sambutannya, Prof Dr. Suswati menguraikan bahwa “Bahasa Arab adalah salah satu Bahasa Internasional selain Bahasa Inggris. Umat Islam di Indonesia tentu harus bisa memahami Bahasa Arab karena Al Qur’an diturunkan dengan Bahasa Arab.”

Pemateri Kegiatan Visdoc ini diundang Ketua Imla Pusat yaitu Bapak Prof. Dr. Uril Bahruddin M.A. Beliau juga sebagai Guru Besar UIN Malang. Kegiatan Ilmiah ini adalah realisasi kerjasama IMLA Sumbar dengan Prodi-Prodi PBA yang ada di Sumbar.

Yaitu Pba UIN Padang, Pba UIN Bukittinggi, Pba Staida Payakumbuh, Pba Uin Batusangkar, dan Pba UMSB. Kegiatan ini juga digagas oleh Ketum Imla Sumbar Ustd Dr. H. Kamaluddin M.A dan Sekum Imla Sumbar yakni Ustazah Zubaidah M.A.

Sementara Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Ustazah ustazah Dr. Devy Aisyah M.Ag, mengulas betapa pentingnya memahami dan mengkaji Bahasa Arab.

“Hampir 2000 tahun yang lalu sejarah perkembangan Bahasa Arab sampai hari ini. Al Qur’an dan Hadis diturunkan dalam Bahasa Arab. Tentunya kita sebagai muslim Indonesia harus menguasai kaidah Bahasa Arab; nahu sharaf. Salah satu peluang dan tantangan Bahasa Arab di era digital adalah perkembangan tekhnologi AI yang pesat dan tekhnologi transformasi”

“Adapun tujuan kegiatan ini adalah menjalin silaturrahmi antara pengurus Imla Sumbar dengan Ketum IMLA Pusat. Sekaligus Imla Sumbar menfasilitasi pelaksanaan kegiatan ilmiah ini tentag prospek Bahasa Arab di era digital,” tuturnya.

Turut hadir pada kegiatan ini Wadek 1 FTIK yakni Ibu Dr. Fadriati.M.A, Wadek 2 Ftik yaitu Bapak Dr. M. Fazis M.Pd, serta Wadek 3 Ftik yakni Bapak Dr. H. M.Yusuf Salam M.A serta Ketua Program Studi serta dihadiri oleh para guru Bahasa Arab di madrasah, alumni, serta dosen-dosen Bahasa Arab dan terkhusus para mahasiswa Prodi Pba agar mereka lebih menguasai segala peluang dan tantangan Bahasa Arab di masa tekhnologi canggih nantinya.

Humas UIN-MYB

Komentar