Selamat, Habibi Lulus UKW dan Kompeten Untuk Jenjang Utama

Bandar Lampung, (Metropolis) – Ujian kompetensi wartawan Kolaboiratif fasilitasi Dewan Pers bersama PWI Pusat, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Mostopo (Beragama) dan IJTI di Novotel Lampung pada 7-8 juni rampung dilaksanakan.

Pada UKW Itu satu wartawan Metropolis.co.id untuk jenjang Utama, Desi Habibi dinyatakan kompeten oleh penguji DR.ISkandar Zulkarnain dengan akumulasi nilai diatas 70.

Menjadi wartawan kompeten adalah keharusan, begitu juga prosesnya. menyelesaikan semua jenjang uji juga sebuah tantangan yang harus diselesaikan hingga tuntas.

Habibi merupakan wartawan aktif media harian zaman ke zaman, hingga kini 2024 dirinya masih setia pada profesi itu, menjadi Kabiro Koran Harian Zona Lampung maupun kontributor Metropolis sekaligus online miliknya.

“Alhamdulillah mas tadi dinyatakan penguji Bapak DR.Iskandar Zulkarnain saya Lulus dan kompeten,” kata Habibi memberi kabar pada redaksi, Sabtu (08/06/2024).

Ujian kompetensi wartawan Kolaboiratif fasilitasi Dewan Pers 7-8 Juni 2024 di NovotelLlampung

UKW se-Provinsi Lampung ini, masing-masing lembaga uji mengirimkan peserta, yakni 36 peserta dari PWI dengan 6 penguji, 24 peserta dari UPDM 4 penguji, dan 12 peserta dari IJTI 2 penguji. Total keseluruhan 72 peserta jenjang Wartawan Muda dan Madya dan utama.

Pada sesi penutupan Ketua PWI Lampung juga memberikan pesan, bahwa perlunya menjaga marwah profesi, karena semua tak bisa didapat dengan mudah dan murah.

“Wartawan adalah sebuah profesi, tapi tidak semua pekerjaan adalah profesi, maka jagalah harkat dan martabat profesimu,” begitu pesan Wirahadikusumah.

Ia juga mengucapkan selamat kepada para peserta yang dinyatakan kompeten ataupun yang belum kompeten.

Uji terertulis dan simulasi kemampuan diri dalam penerapan ilmu jurnalistik ini semoga menjadi pembelajaran baru bagi peserta, sehingga kedepan samakin awas pada rambu KEJ dan batasan UU Pers.

“Selamat kepada peserta, baik yang kompeten atau yang belum, selain pembelajaran jadikanlah ini motivasi, sehingga akan lebih baik kedepannya,” demikian Wirahadikusumah.

Red

Komentar