Prodi Kimia UIN RIL Raih Akreditasi LAMSAMA

Kabar Kampus1017 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Kabar gembira datang dari Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL). Salah satu Program Studi (Prodi) baru, yaitu Prodi S1 Kimia telah resmi meraih akreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal (LAMSAMA).

Raihan akreditasi minimum “Baik” dari Prodi Kimia tersebut, diketahui tertuang di dalam Surat Keputusan (SK) yang telah dikeluarkan oleh LAMSAMA Nomor 020/SK/LAMSAMA/Akred-M/S/VI/2024.

SK akreditasi diserahkan langsung kepada Rektor UIN RIL Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD oleh perwakilan LAMSAMA pada 13 Juni 2024. SK tersebut diketahui telah diterbitkan sejak 13 Juni 2024 dan akan berlaku sampai dengan 12 Juni 2026 mendatang.

Turut mendampingi Rektor dalam penyerahan tersebut Kepala Biro AAKK / Plt. AUPK UIN RIL Dr H Abdul Rahman MPd dan Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Dr Andi Thahir MA.

Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD menyampaikan rasa syukur dan bangga atas pencapaian ini. “Akreditasi ini menjadi bukti nyata komitmen UIN Raden Intan Lampung yang tidak hanya sebagai perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan ilmu-ilmu keislaman secara integratif-multidisipliner, namun juga ilmu sosial, maupun sains dan teknologi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rektor menjelaskan bahwa Prodi Kimia merupakan salah satu prodi baru di UIN RIL. Dengan bertambahnya Prodi Kimia, UIN RIL saat ini memiliki total 4 program studi di bidang sains dan teknologi, diantaranya Prodi Sistem Informasi, Prodi Biologi, Prodi Sains Data , dan Prodi Kimia.

“Kehadiran prodi-prodi baru ini menandakan komitmen UIN Raden Intan Lampung untuk terus berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia,” tegasnya.

Sebagai informasi, pembukaan prodi baru ini telah melalui kajian yang matang dan UIN RIL memastikan persiapan sarana akademik, tenaga pengajar, dan sarana prasarana dapat menunjang pendidikan dengan baik. Oleh karena itu, prodi ini dinilai memenuhi syarat akreditasi oleh LAMSAMA.

Pencapaian akreditasi ini juga merupakan hasil dedikasi dan kerja keras seluruh sivitas akademika UIN RIL.

Ketua LPM UIN RIL Dr Andi Thahir MA menambahkan, Prodi Kimia memiliki peran penting dalam pengembangan Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) di UIN RIL. “Prodi Kimia dan Biologi menjadi pilar penting dalam pengembangan Laboratorium Sertifikasi Halal (LSH) dan Prodi Kedokteran,” ujar Dr Andi.

Perolehan akreditasi ini menandakan langkah awal bagi Prodi Kimia UIN RIL untuk terus berkembang dan maju. Prodi Kimia siap menerima mahasiswa baru di tahun 2024 ini dan menjadi pusat pengembangan sains dan teknologi yang unggul di Indonesia.

Humas UIN-RIL

Komentar