Guest Lecture FTK : Prof Irina dari St Petersburg State University Rusia Bahas Sufi dalam Perspektif

Kabar Kampus225 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) menggelar Guest Lecture dengan tema “Sufi dalam Perspektif” di Gedung fakultas setempat, Rabu (03/07/2024).

Acara ini menghadirkan Prof Irina R Katkova PhD dari St. Petersburg State University Russia sebagai narasumber.

Guest lecture ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa dari lima prodi di FTK yakni Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Dalam paparannya, Prof Irina menjelaskan tentang Studi Islam terkait Sufisme, proses perjalanan penerjemahan manuskrip ke dalam beberapa bahasa, dan perkembangan Islam di Rusia. Ia memaparkan bahwa 15% warga Rusia beragama Islam dan tersebar di berbagai negara di belahan Rusia seperti Chechnya, Balkaria, Tatarstan, dan lain-lain.

Prof Irina juga berdiskusi dengan dosen-dosen FTK terkait penyebaran Sufisme di Nusantara, perkembangannya di zaman modern, dan hubungannya dengan dunia pendidikan.

Kelima prodi tersebut juga memiliki fokus kajian yang berbeda dalam guest lecture ini:

  • Prodi MPI: Spiritual Leadership in Sufi Perspective
  • Prodi Pendidikan Fisika: Sufi Terms and their translation from Arabic to English
  • Prodi PGMI: Basic education in the Sufistic World
  • Prodi Pendidikan Bahasa Inggris: Sufi Terms and their translation from Arabic to English
  • Prodi Pendidikan Matematika: Sufi dalam Perspektif Pendidikan Matematika dan Lingkungan

Dekan FTK Prof Dr Hj Nirva Diana MPd dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya guest lecture ini. Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan wawasan baru bagi dosen dan mahasiswa tentang Sufisme dan dapat diterapkan dalam pembelajaran dan penelitian di FTK.

Humas UIN-RIL

Komentar