Lepas Mahasiswa PPL, Rektor Minta Refleksikan Pendidik Unggul

Kabar Kampus78 Dilihat

Bandarlampung, (Metropolis.co.id) – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL), Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD, secara resmi melepas 1819 mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Selasa (03/09/2024).

Acara pelepasan yang digelar di Gedung Serba Guna (GSG) KH Ahmad Hanafiah ini juga dilakukan dengan penyematan jaket almamater secara simbolis oleh Rektor bersama Dekan FTK, Prof Dr Hj Nirva Diana MPd.

Dalam sambutannya, Rektor menekankan pentingnya para mahasiswa untuk merefleksikan diri sebagai calon pendidik unggul selama menjalani PPL.

“Adik-adik mahasiswa adalah garda terdepan yang membawa nama baik UIN Raden Intan Lampung di masyarakat. Pastikan bahwa setiap tindakan dan langkah kalian mencerminkan prestasi serta integritas kampus kita yang telah diakui secara luas,” ujar Prof Wan.

PPL kali ini, meskipun masih dianggap sebagai kegiatan rutin, ujar Rektor, akan mengalami penyesuaian pada semester ganjil mendatang sesuai dengan bingkai kurikulum Outcome-Based Education (OBE).

Perubahan ini dianggap perlu mengingat dinamika kehidupan sosial pasca-pandemi COVID-19 yang telah mengubah banyak aspek kehidupan.

Rektor juga menyoroti pentingnya kesiapan mahasiswa dalam menghadapi era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity) yang semakin kompleks dan menantang.

“Saya bersyukur Alhamdulillah, kampus kita terus menunjukkan progresivitas yang luar biasa. Kita dikenal sebagai kampus hijau berkelanjutan nomor 1 se-PTKIN versi UI GreenMetric dan meraih peringkat lima versi Webometric dan peringkat 7 versi UniRank. Prestasi ini menunjukkan tren positif yang terus berkembang dari waktu ke waktu,” tambah Rektor.

Ia berharap para mahasiswa dapat mencerminkan prestasi ini di tempat PPL mereka, baik di sekolah, madrasah, pondok pesantren, maupun lembaga lainnya.

Rektor juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh panitia, kaprodi, sekprodi, serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan kegiatan ini.”Saya titipkan mahasiswa-mahasiswa kita kepada Bapak dan Ibu DPL. Bimbing mereka agar dapat merefleksikan prestasi kampus kita di masyarakat dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Dengan pelepasan ini, UIN Raden Intan Lampung terus menunjukkan komitmennya dalam mencetak lulusan yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga mampu berkontribusi positif di tengah masyarakat sebagai calon pendidik yang berkualitas.

“Kita tidak boleh merasa puas dengan apa yang telah dicapai. Mari terus berusaha menjadi entitas yang lebih baik dari waktu ke waktu, sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad, serta contoh para sahabat dan ulama,” pungkas Rektor dengan semangat Fastabiqul Khairat.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Pelaksana, Dr H Mujib MPd melaporkan, PPL FTK tahun 2024 ini diikuti oleh mahasiswa dari 10 program studi, yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI) sebanyak 399 mahasiswa, Pendidikan Bahasa Arab (PBA) 133 mahasiswa, Manajemen Pendidikan Islam (MPI) 167 mahasiswa, Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) 221 mahasiswa, Pendidikan Matematika (PMTK) 141 mahasiswa, Pendidikan Biologi (PBIO) 164 mahasiswa, Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) 59 mahasiswa, Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) 203 mahasiswa, Pendidikan Fisika (PFIS) 26 mahasiswa, dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) 306 mahasiswa.

Keseluruhan 1.819 mahasiswa ini akan ditempatkan di 170 sekolah yang tersebar di Kota Bandar Lampung (150 sekolah), Kabupaten Pesawaran (6 sekolah), Kabupaten Pringsewu (5 sekolah), dan Kabupaten Lampung Selatan (9 sekolah). Distribusi jenjang pendidikan yang menjadi tempat PPL mencakup 26 TK/PIAUD, 27 SD/MI, 58 SMP/MTs, dan 59 SMA/MA.

Kegiatan PPL ini akan berlangsung mulai 3 September hingga 12 Oktober 2024.

Selain pelepasan PPL, juga dilakukan pelepasan terhadap 56 mahasiswa Biologi Murni FTK yang akan menjalani program magang di berbagai instansi dan perusahaan.

Tempat magang mereka meliputi Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Metro; Balai Veteriner Lampung; PT Sugar Labinta; Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Lampung; UPTD Laboratorium Lingkungan Hidup DLH Provinsi Lampung; Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung; Balai Pelatihan Pertanian; Taman Kupu-kupu Gita Persada; Kebun Raya Liwa Lampung Barat; dan Sekolah Kopi Lampung Barat.

Program magang ini diharapkan dapat memberikan pengalaman praktis yang berharga dan memperkuat kompetensi mahasiswa sesuai dengan bidang studi masing-masing.

Hadir dalam acara pelepasan ini adalah Wakil Rektor I, para Wakil Dekan FTK, dosen, serta mahasiswa yang akan mengikuti PPL.

Humas UIN-RIL

Komentar