Pj. Gubernur Samsudin bersama Ibu Maidawati Tinjau Penanggulangan Stunting dan Posyandu

Saburai253 Dilihat

Bandarlampung, (Metropolis.co.id) – Pj. Gubernur Lampung Samsudin bersama Pj. Ketua TP-PKK Provinsi Lampung Ibu Maidawati Retnoningsih Samsudin meninjau penanggulangan stunting dan Posyandu di Balai Desa Tanjung Mas Makmur, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji Kamis (5/9/2024).

Samsudin meminta kepada Pemerintah Kabupaten Mesuji dan seluruh pihak terkait untuk terus meningkatkan komitmen dan koordinasi dalam upaya penanggulangan stunting ini.

Menurutnya, stunting merupakan tantangan besar dalam pembangunan kesehatan dan kualitas generasi penerus bangsa dikarenakan stunting tidak hanya berdampak pada pertumbuhan fisik anak, tetapi juga mempengaruhi perkembangan kognitif dan kualitas hidup mereka di masa depan.

“Kita buat program untuk anak-anak kita kedepan supaya lebih bagus lagi, lebih tinggi lagi, lebih cerdas lagi untuk membangun Kabupaten Mesuji ini, itu yang harus kita lakukan, tugas Bupati bersama PKK,” ujarnya.

Untuk program penanganan stunting, Samsudin mengungkapkan bahwa ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu menjadikan evaluasi program sebelumnya sebagai masukan utama bagi perbaikan program ke depan, perkuat koordinasi lintas sektor di pusat dan daerah melalui pembagian peran yang jelas.

Selanjutnya, diseminasikan pemahaman tentang stunting yang benar kepada masyarakat karena menurutnya sebagian masyarakat masih memiliki pemahaman keliru terkait stunting

Ia menekankan bahwa pemahaman yang benar adalah titik awal untuk melakukan intervensi yang tepat sasaran.

“Lakukan pemahaman, karena masyarakat kita masih belum paham terkait makan sehat untuk anak-anaknya, belum paham terkait dengan minuman yang bagus,” tambahnya.

Selain itu, Samsudin mengatakan bahwa program penanggulangan stunting juga pelayanan posyandu adalah bagian penting dari upaya bersama untuk memastikan generasi penerus tumbuh sehat dan berkualitas.

Ia juga menekankan akan pentingnya peran Posyandu dalam upaya ini karena Posyandu bukan hanya tempat pemeriksaan kesehatan, tetapi juga pusat edukasi yang mendukung para ibu dalam merawat anak-anak mereka dengan baik.

“Saya berharap anak-anak di Mesuji bisa menjadi orang-orang hebat nanti, untuk kembali membangun Kabupaten Mesuji yang lebih baik, yang lebih hebat lagi dan saya ingin bukan hanya Kabupaten Mesuji yang hebat, seluruh Provinsi Lampung nanti kedepan bisa menjadi Provinsi Yang terbaik di Indonesia,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Samsudin juga memberikan sejumlah bantuan kepada masyarakat Mesuji diantaranya 50 paket sembako, 2 kursi roda, peralatan budidaya ikan dalam ember (Budikdamber), asuransi nelayan, pengadaan Obat KIA dan Gizi (DAK) dan Pengelolaan Pelayanan Penyakit.

Selanjutnya, bantuan dana pendidikan, bantuan pembangunan masjid, mesin jahit, mixer, implementasi dempot cabai 1 hektar dan 30 paket stunting.

Adpim

Komentar