Luncurkan Smart School, Pemprov Gandeng Pustekom Kemendikbud

Saburai324 Dilihat
Luncurkan Smart School, Pemprov Gandeng Pustekom Kemendikbud

Bandar Lampung :  Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meluncurkan Aplikasi Smart School Lampung Berjaya bekerja sama dengan Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung, Senin (16/12/2019).

Smart School ini merupakan program gagasan Gubernur Arinal karena melihat tantangan perubahan paradigma pendidikan saat ini yang sarat akan perkembangan teknologi dan menyebabkan sekolah harus berbenah diri.

“Perkembangan teknologi harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk layanan pendidikan terutama dalam layanan inovasi pembelajaran di kelas. Aplikasi ini harus difasilitasi untuk mencapai pendidikan lebih baik lagi di Provinsi Lampung,” ujar Gubernur Arinal.

Aplikasi Smart School Lampung Berjaya ini nantinya dapat diakses bagi siswa maupun guru melalui portal website smartschool.lampungprov.go.id.

Arinal menjelaskan Smart School ini merupakan suatu konsep sekolah yang berbasis teknologi yang digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.

“Penggunaan teknologi pendidikan mencakup suatu sistem integrasi yang membantu komunitas pendidikan dalam menjalankan fungsinya masing-masing dengan tujuan mengembangkan potensi peserta didik,” katanya.

Menurut Arinal, dalam era Industri 4.0 menjadi tantangan tersendiri dalam perubahan tatanan kehidupan di abad 21, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan.

“Untuk dapat mengarungi zaman baru dengan piranti pintar yang saling terhubung satu dengan lainnya, dibutuhkan kemampuan manusia yang juga berubah. Kehadiran era industri 4.0. membawa konsekuensi pada hadirnya pendidikan 4.0,” ujarnya.

Sementara itu, Kapustekkom Kemendikbud RI Gogot Suharwoto mengatakan bangga terhadap Lampung, karena menjadi Provinsi ke- 3 di Indonesia yang melaunching program aplikasi Smart School.

Gogot menyatakan siap mendukung sepenuhnya pelaksanaan aplikasi Smart School Lampung Berjaya di Provinsi Lampung termasuk dari segi infrastruktur.

“Kami siap meningkatkan SDM baik guru, kepala sekolah, pengawas dan operator seluruh Provinsi Lampung dalam penggunaan aplikasi ini, kami siap untuk melatih semua guru yang ada di Provinsi Lampung. Pertama kita harus siapkan gurunya, karena guru penggerak inilah yang akan menggerakan semua insan pendidikan untuk memanfaatkan aplikasi ini,” ujar Gogot.

Menurut Gogot, suksesnya aplikasi Smart School Lampung Berjaya adalah karena adanya komitmen bersama untuk mewujudkannya. ”

Suksesnya aplikasi ini tidak dari infrastuktur yang canggih, bukan dari portal yang kompleks dan bukan dari anggaran yang banyak, tetapi yang utama adalah komitmen dan dukungan yang paling penting adalah kita turun tangan bergerak menggunakan aplikasi ini. Kami sangat bangga atas komitmen Pemerintah Provinsi Lampung untuk mewujudkan Smart School Lampung Berjaya,” katanya.

Humas Prov Lampung

Komentar