Julius Juarai Turnamen Billiar SIWO PWI 2023

Institusi1657 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Turnamen biliar SIWO PWI 2023 selesai, pebiliar muda Lampung Handicap 4 menjuarai turnamen ini dengan mengalahkan Andre Johan di final dengan skor 8-5 yang berlangsung di City Biliar Bandarlampung Minggu, 20 Agustus 2023.

Beberapa pemain PON Lampung korban sistem pertandingan biliar dengan perhitungan handicap pada pertandingan-pertandingan di Turnamen ini. Salah satunya adalah Agung Pratama, yang gugur sebelum memasuki babak semifinal.

Sementara di final juga terjadi lagi, Andre Johan yang pernah turun di Pra PON, kalah dari pemain handicap p 4, sementara Andre adalah pemain handicap 6, dengan skor 8-5.

Dalam kesempatan itu, Julius yang memiliki keuntungan tiga bola lebih sedikit dari Andre yang harus menghabiskan 9 bola, sementara Julius cukup dengan 6 bola.

Julis unggul lebih dahulu 2-0 pada race 1 dan 2, dengan memanfaatkan kesalahan fatal yang dilakukan oleh Andre  saat bola tinggal dua, namun Andre gagal memasukkan bola 8 dan posisi di depan lubang. Dan ini dimanfaatkan dengan baik oleh Julius untuk memimpin perolehan angka.

Dalam final ini menggunakan race to 8. Sehingga dua kesalahan diawal ini memberikan tekanan tersendiri kepada Andre Johan. Meskipun sempat berpacu angka hingga angka sama 5-5.

Namun pada rack 11, lagi lagi Andre membuat kesalahan dengan pukulan yang mis untuk posisi memukul bola 4. Kali ini melalui kesempatan free ball, gim ini diselesaikan dengan baik oleh Julius dengan memukul tiga bola berturut-turur, 4, 5 dan 6.

Dua rack berikut juga diambil oleh Julius salah satunya dengan memanfaatkan kesalahan Andre di rack 13. Andre gagal memasukkan bola 4 dalam posisi sulit, namun tetap melakukan pukul fight. Alhasil gagal, dan bisa diselesaikan oleh Julius dengan baik. Kedudukan akhir 8-5.

Secara umum dalam permainan ini meskipun Andre memiliki keunggulan dari skill dan peringkat yang lebih baik, namun Julius mampu melakukan taktik yang jitu untuk menjebak beberapa kali lawannya melakukan kesalahan sendiri.\

Adi Tembus Semifinal

Sebelumnya, satu-satunya pebiliar SIWO PWI Lampung, Adi Kurniawan, mampu menembus babak semifinal turnamen ini meskipun akhirnya harus mengakui keunggulan Julius di babak semifinal itu dengan skor 3-5.

Adi Kurniawan yang berada pada handicap 3B menang sebanyak 8 kali sejak dimulainya dari babak 64 besar. “Ya memang faktor stamina sangat berpengaruh. Beberapa kesalahan saya sendiri karena terpengaruh situasi dan kondisi stamina. Ini bukan mencari alasan. Namun juga karena situasinya. Kalau ada istilah dalam biliar ini juga ditentukan oleh hoki. Maka hari ini Julius memiliki hoki itu.” Ungkap Adi.

Adi berharap pengalaman ini akan memberikan dorongan baginya untuk persiapan dan pertandingan-pertandingan pada Porwanas 2024 di Padang, Sumatera Barat nanti.

Dalam turnamen ini setidaknya ada 5 sampai 7 pemain SIWO PWI yang diturunkan. Namun hanya Adi Kurniawan bertahan hingga semifinal. Dan lawan Adi di semifinal akhirnya keluar sebagai juara turnamen ini.

Don

Komentar