Gubernur Arinal Ajak Perguruan Tinggi Cetak Sarjana Desa

Saburai473 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Pesawaran menjadi tujuan utama Kerja Kuliah Nyata (KKN) Siger Berjaya dari satu diantara Kabupaten yang ada di Provinsi Lampung, melalui eksplore kolaborasi Perguruan Tinggi dengan Pemerintah daerah (Pemda), Rabu (26/07/2023).

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak Perguruan Tinggi bersama-sama membangun dari desa, termasuk didalamnya mencetak sarjana desa, dan jangan lagi mencetak mahasiswa menjadi sarjana hanya intelektual, tapi tidak menguasai dunia saat ini, karena itu, mungkin pada tahap kedua, lebih spesifik, lebih dalam lagi kerjasama Perguruan Tinggi ke Desa.

” Ini pentingnya kerjasama Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Provinsi Lampung agar kedepan bisa lebih membangun bangsa dari desa didalam ekonomi kerakyatan,” ujar Gubernur Arinal saat acara di Lapangan Desa Sidodadi, Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran, Rabu (26/07/2023).

Lebih dari itu, Gubernur Arinal berharap dari manapun kelulusannya sarjana-sarjana yang berasal dari desa ada kepastian mendapatkan nilai tambah, ada pekerjaan yang pasti, tapi ada semangat yang lebih tinggi membangun desanya, memang sudah saatnya seperti Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dikelola oleh para sarjana.

” Apapun konsepnya itu, bila dilakukan kegiatan oleh masyarakat desa berstatus sarjana akan lebih baik,” tandas Gubernur Arinal, hadir bersama Komandan
Pangkalan TNI AL (Danlanal) Lampung Kolonel Laut (P) Mohammad Nizarudin, S.E.,M.H.,CHRM, dan Sekdakab Pesawaran Wildan.

Rektor UNILA Prof.Dr Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M berharap kerjasama ini akan saling memberikan kontribusi lebih baik kepada perguruan tinggi maupun Kabupaten Pesawaran dan Provinsi Lampung, karena memang Kabupaten Pesawaran menjadi tujuan utama daerah KKN dari beberapa universitas.

” Selain, Universitas Bandarlampung (UBL), UNILA, ITERA, UIN, juga berkolaborasi dengan Universitas Bengkulu (UNIB). Rencana kegiatannya dilaksanakan sebelum kegiatan KKN ini yang sudah berjalan. Mudah-mudahan bisa diteruskan oleh KKN berikutnya. Ini baru pertama kali KKN gabungan antara universitas yang ada di Provinsi Lampung,” jelasnya.

Rektor ITERA Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha menambahkan, pada dasarnya peran utama kampus sebagai lembaga pendidikan yang dituntut menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM). Ini adalah suatu pembekalan yang akan menjadi bekal adik-adik mahasiswa mengikuti perkembangan era yang begitu dinamis.

Diskominfotik Lampung

Komentar