UIN MY Batusangkar Laksanakan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa

Kabar Kampus332 Dilihat

Bukittinggi, (Metropolis.co.id) – UIN Mahmud Yunus Batusangkar kembali mengukuhkan komitmen mereka terhadap pengembangan dan peningkatan Kompetensi Kepemimpinan Mahasiswa dengan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Kepemimpinan bagi Pimpinan Organisasi Kemahasiswaan UIN Mahmud Yunus Batusangkar Tahun 2024.

Kegiatan yang diikuti oleh 66 orang peserta para pimpinan organisasi mahasiswa mulai Ketua DEMA-U, Ketua SEMA-U, Ketua DEMA-F, Ketua SEMA-F, Ketua UKK, Ketua UKM sampai Ketua HMPS selingkup UIN Mahmud Yunus Batusangkar ini dilaksanakan di Campago Hotel Bukittinggi.

Pelatihan Kepemimpinan bagi Pimpinan Organisasi Kemahasiswaan UIN Mahmud Yunus Batusangkar Tahun 2024 ini berlangsung selama 3 hari, rabu-jumat 21-23 Februari 2024 dengan tema “Build Your Leadership Character to Be Innovative Leaders”.

Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa ini dibuka oleh Prof.Dr. Marjoni Imamora, M.Sc selaku Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar dan dihadiri Dr. Sirajul Munir, M.Pd (Wakil Rektor III), Yuldelasharmi, S.Ag., SS., MA ( Kabag Umum dan Akademik) dan jajaran kepanitiaan, rabu (21/02/2024) siang.

Prof. Marjoni Imamora, M.Sc dalam sambutannya sekaligus sebagai narasumber dalam kegiatan ini mengajak mahasiswa untuk mengembangkan dan meningkatan kompetensi kepemimpinan sesuai dengan 5 arah dan Kebijakan Rektor, “saudara sebagai ketua ormawa harus memantaskan diri menjadi seorang leader, mana tau kesuksesan masa depan Saudara berawal dari pimpinan ormawa ini” ujarnya.

Selanjutnya Rektor dalam pemaparan materinya terkait Visi dan Misi UIN Mahmud Yunus Batusangkar dalam Melahirkan Pemimpin Religius, “ada 8 Karakter Prioritas yang harus dimiliki seorang Pemimpin, yaitu; kejujuran, rasa tanggungjawab, suka belajar dan berprestasi, disiplin diri, keteguhan (pantang menyerah), penghargaan atas keberagaman, semangat bersinergi, rasa optimis, kreatif dan berfikir positif.Karakter priorotas ini harus miliki dan praktekkan dalam ormawa” tambahnya.

Sedangkan Dr. Sirajul Munir, M.Pd dalam uraian materi dengan judul Kegiatan Ormawa berbasis Soft skill menekankan sisi kualitas seorang leader, ”kualitas leader ditentukan oleh aksi nyata, bukan tentang posisi, bukan pula ukuran tubuh melainkan tentang pengetahuan dan wawasannya dalam memimpin” selain itu beliau juga menekankan pentingnya attitude dalam memimpin dan bergaul dengan sesame, “attitude is everything” imbuhnya.

Humas UIN MYB

Komentar