Erick Sebut FIFA Acungkan Jempol Terkait Pengamanan

Nasional951 Dilihat

Jakarta, (Metropolis.co.id) – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan FIFA memberi apresiasi soal komitmen menjaga keselamatan pendukung.

Dia mengatakan FIFA bersama pemerintah dan Polri sudah berkoordinasi agar suporter tim sepakbola aman saat datang hingga pulang dari stadion.

“Saya rasa pihak kepolisian, kemarin FIFA juga menyampaikan mengacungkan jempol,” kata Erick di gedung Rupatama Mabes Polri, Senin (15/7/2024).

Erick hari ini mendatangi Mabes Polri dan bertemu Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk koordinasi antara PSSI dan Polri soal jadwal Liga Indonesia, termasuk pengamanan pertandingan sepakbola.

Dia mengatakan pengamanan tersebut demi menciptakan keamanan bagi suporter yang datang ke stadion.

Dia menjelaskan antisipasi soal keselamatan suporter tim sepakbola dirancang dalam sejumlah konsep. Antisipasi pencegahan kerusuhan itu menyangkut pengaturan pengamanan menyangkut penempatan personel kepolisian hingga soal penindakan terhadap suporter yang melanggar hukum.

“Ketika juga tidak segan-segan ada oknum yang melakukan kerusuhan, itu langsung ditahan. Nah ini yang kita mau lakukan. Jadi semua kita lakukan ini untuk proteksi daripada suporter sendiri supaya bisa pulang,” ujar dia.

Erick mengatakan saat ini kerja sama PSSI dengan kepolisian terkait keamanan agenda tim nasional (Timnas) sepakbola sudah lebih baik. Dia berharap soliditas penyelenggaraan pengamanan ini juga akan berjalan baik saat Liga Indonesia digelar nanti.

“Sekarang sudah rapi, bagaimana aman, nyaman. Nah, ini yang kita cita-citakan juga di liga untuk 2 tahun yang akan datang. Tahun ini transisi dulu,” ujar dia.

Erick menambahkan, terkait gelaran Piala Presiden yang akan digelar, pertandingan hanya akan disaksikan pendukung tuan rumah.

“Untuk Piala Presiden sama, policy-nya yang seperti kesepakatan oleh FIFA bersama PSSI dan pemerintah bahwa tahun ini, tahun terakhir penonton harus ada yang namanya sistem hanya home atau penonton yang dikandang. Sampai database supporter dan sistem ticketing online ini berjalan di semua klub dan liga,” ucap Erick.

detik

Komentar