Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung Luncurkan Prosiding Internasional

Kabar Kampus117 Dilihat

Bandarlampung, (Metropolis.co.id) – Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) mengadakan acara peluncuran atau launching prosiding internasional bertajuk Raden Intan Proceedings on Family and Humanity pada Selasa, 6 Agustus 2024.

Acara ini berlangsung di Ruang Sidang Utama Pascasarjana UIN RIL dan diresmikan oleh Rektor UIN Raden Intan Lampung, yang diwakili Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Raden Intan Lampung, Prof Dr A Kumedi Ja’far MAg.

Peluncuran ini dihadiri Direktur Pascasarjana, Wakil Direktur Pascasarjana, Wakil Dekan I Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi di lingkungan Pascasarjana, Kasubbag Tata Usaha, dan Tim Proceedings.

Prof Dr A Kumedi Ja’far MAg dalam sambutannya yang mewakili Rektor UIN Raden Intan Lampung, mengapresiasi dan menegaskan bahwa prosiding ini adalah wadah yang luar biasa untuk menampung hasil-hasil penelitian tidak hanya dari sivitas akademika Pascasarjana, tetapi juga dari tingkat Sarjana, bahkan terbuka untuk umum. “Hasil-hasil yang kita prosidingkan ini bisa menampung semua bidang ilmu, tidak hanya rumpun agama. Ini tentu kebermanfaatannya sangat luar biasa dan memicu kita semua untuk terus berkarya,” tambah Prof Kumedi.

Dalam laporannya, Prof Dr Hj Siti Mahmudah MAg selaku Director Publisher Development Proceedings Pascasarjana, menyampaikan, Prosiding Pascasarjana telah menerima International Standard Serial Number (ISSN) dari Pusat Nasional ISSN Indonesia Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Jakarta.

“Prosiding ini bernama Raden Intan Proceedings on Family and Humanity dengan nomor ISSN 3032-503X (media online) dan edisi pertama dimulai pada Januari 2024,” ungkapnya.

Volume pertama tersebut, sambungnya, merupakan hasil atau output dari Raden Intan International Conference on Islam and Family (RIMICIF) yang diselenggarakan pada Oktober 2023, yang mempublikasikan 45 artikel.

“Raden Intan Proceedings on Family and Humanity menggunakan sistem Open Journal System (OJS), sehingga bisa terindeks seperti jurnal pada umumnya dan dapat diajukan akreditasi Sinta, bahkan hingga terindeks Scopus,” jelas Prof Mahmudah, yang juga menjabat sebagai Ketua Program Studi S3 Hukum Keluarga Islam UIN RIL.

Prosiding adalah publikasi artikel ilmiah hasil penelitian yang dipresentasikan dalam seminar atau konferensi. Dalam hal ini, artikel yang dipublikasikan dalam prosiding adalah hasil penelitian yang telah dipresentasikan terlebih dahulu dalam forum ilmiah, sehingga kualitas dan relevansinya sudah teruji.

Direktur Pascasarjana, Prof Dr Ruslan Abdul Ghofur MSi, dalam sambutannya, menekankan pentingnya Pascasarjana untuk beralih dari menara gading ke kemanfaatan yang lebih besar dalam dunia pendidikan dan masyarakat, bahkan bukan hanya nasional tapi internasional. “Hasil dari konferensi, seminar, webinar internasional dan lainnya salah satunya adalah prosiding. Ini gebrakan kita langkah ke depan. Karena agen perubahan dan pemikiran itu ada di pascasarjana,” ujar Prof Ruslan.

Dengan peluncuran prosiding ini, Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung semakin menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan visibilitas dan dampak penelitian dosen di tingkat nasional dan internasional.

Adapun ISSN diberikan oleh International Serial Data System (ISDS) yang berkedudukan di Paris, Perancis. ISSN diadopsi sebagai implementasi ISO-3297 di tahun 1975 oleh Subkomite No. 9 dari Komite Teknik No. 46 dari ISO (TC 46/SC 9). ISDS mendelegasikan pemberian ISSN baik secara regional maupun nasional. Untuk regional Asia dipusatkan di Thai National Library, Bangkok, Thailand dan Pusat Nasional ISSN Indonesia – BRIN merupakan satu-satunya ISSN National Centre untuk Indonesia.

Humas UIN-RIL

Komentar