oleh

Kemajuan Dalam Peradaban Demokrasi Hingga Tingkat RT

Lampung : Warga Perumahan Serambi Sumatera Residence, Kelurahan Wayurang, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, melaksanakan pemilihan langsung ketua rukun tetangga (RT), Sabtu (06/10/2018).

Pemilihan Ketua RT yang pertama kali digelar di komplek perumahaan setempat, berlangsung dengan meriah dan diikuti oleh sebanyak 180 mata pilih.

Ketua Panitia Pemilihan RT, Iwan Irawan mengatakan, digelarnya pemilihan secara langsung itu agar memotivasi dan mendidik warga untuk belajar berdemokrasi serta menyambut Pemilu serentak 2019 mendatang.

“Ini ide dari semua warga untuk melaksanakan pemilihan secara langsung, karena dalam waktu dekat ini. Indonesia akan menyambut Pilpres dan Pileg. Harapanya, agar semua warga perumahan SSR dapat benar-benar paham tatacara pemilihan itu,” katanya.

Dijelaskannya, pemilihan RT tersebut diikuti oleh lima orang calon diantaranya Dedi Irawan, M. Silitonga, Pendra, Irwan Afandi dan Supradianto. Perhitungan suarapun akan dimulai pukul 14.00 Wib.

“Teknis pemilihannya, sama seperti pemilu pada umumnya yakni, datang ke TPS lalu mencoblos di bilik suara dan terakhir dimasukan ke dalam kotak suara, jam 2 siang mulai hitung suara,” jelasnya.

Dirinya berharap, dengan pemilihan tersebut dapat melahirkan pemimpin RT hasil demokrasi langsung

“Hal ini membuktikan bahwa, dukungan warga terhadap lingkungan sangat besar, ini terlihat dari antusias warga yang mengikuti pemilihan ini,” pungkasnya.

Senada, Hery salah seorang warga mengungkapkan, bahwa dirinya menyambut baik dengan sistem pemilihan yang dilakukan oleh warga Perum SSR.

“Cara pemilihannya sama saja seperti saat memilih Presiden dan anggota dewan. Kita hanya mencoblos gambar sesuai yang kita mau,” katanya.

Penulis : Dendi Hidayat

Komentar

Tinggalkan Balasan