Petugas Evakuasi Warga Dari Kawanan Gajah Liar di Simpang Lancang, Aceh

Nasional, Nuansa204 Dilihat
(Foto : Net/Ist)

Aceh : Kawanan gajah liar merusak rumah warga di Kecamatan Pintu Rime Gayo, Bener Meriah, Aceh. Para pemilik rumah pun ikut mengalami trauma akibat dikepung gajah liar yang diperkirakan berjumlah 15 ekor.

“Gajah liar itu diperkirakan berjumlah 15 ekor mengobrak-abrik rumah milik Ngadrin (60), warga Desa Simpang Lancang. Mereka (gajah) sempat bertahan di rumah korban. Namun petugas bersama warga lainnya melakukan penggiringan gajah menggunakan petasan dan kemudian baru mengevakuasi korban dari rumahnya tersebut,” kata Kapolsek Pintu Rimo Gayo Ipda Abu Sajarah dalam keterangannya, Rabu (31/10/2018).

Abu menuturkan kejadian itu berawal pada Selasa (30/10) malam, ketika korban bersama keluarga berada di dalam rumah tiba-tiba mendengar dan melihat sekelompok gajah liar berada di pekarangan rumahnya. Gajah-gajah itu kemudian mendorong dinding, menghancurkan pintu, dan memecahkan kaca rumah hingga merusak sejumlah batang kopi.

Melihat kondisi tersebut, korban berteriak meminta tolong. Warga yang mendengar langsung memberi pertolongan dan melapor kepada petugas kepolisian. Kemudian, polisi dan petugas damkar bersama warga melakukan penggiringan untuk mengusir hewan berbelalai tersebut sehingga korban yang masih berada di dalam rumah bisa dievakuasi.

“Petugas bersama warga langsung memberikan pertolongan kepada korban dengan cepat. Jika tidak, ditakutkan gajah tersebut menyerang korban beserta keluarganya dan tidak menutup kemungkinan memakan korban jiwa,” sebut Abu Sajarah.

Namun, setelah dilakukan evakuasi oleh petugas, mereka terpaksa menumpang di rumah tetangga karena rumahnya rusak diobrak-abrik kawanan gajah tersebut.

“Kita akan melakukan koordinasi dengan pihak BKSDA Aceh karena perkiraan kawanan gajah liar itu masih berada dekat dengan permukiman warga dan ditakutkan sewaktu-waktu menyerang kembali. Kita akan cari solusi penanggulangan terhadap gajah liar,” ungkapnya.

Detik.com

Komentar