UM Lampung Peringati Hari Disabilitas Internasional 2018 Dengan Gelaran Pentas Seni

Saburai180 Dilihat
Hari Disabilitas Internasional 2018

Bandar Lampung : Sebagai wujud peduli perguruan tinggi yang memiliki program studi Pendidikan luar Biasa (PLB), Universitas Muhammadiyah (UM) Lampung gelar pentas seni dalam memperingati hari disabilitas internasional di Aula Ahmad Dahlan, Sabtu (01/12/2018).

Keguatan itu sebagai tanda wujud keistimewaan dan kebanggaan bagi masyarakat Lampung mengapresiasi penyandang disabilitas Sesuai Tema kegiatan yakni ” Berprestasi Melalui Keistimewaan”.

Dalam perhelatan pentas seni itu sedikitnya panitia menampilkan 13 pertunjukan dari siswa dari sekolah luar biasa (SLB) dan Sekolah anaki berkebutuhan Khusus (ABK) yg ada di Provinsi Lampung.

Ketua Prodi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Um Lampung, Yulvia Sani menyampaikan rasa bangga terhadap kegiatan tersebut sebagai 1 dari 3 prodi sesumatera yg memiliki prodi luar biasa Yulvia berharap Universitas Muhammadiyah Lampung telah menjadi Perguruan tinggi Inklusi.

“Ini bukti kita jika UML bukan kampus biasa. Maka untuk itu kita juga buktikan ke masyarakat dengan menerima ABK dan menyediakan sistem layanan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan anak tanpa kebutuhan khusus (ATBK) dan ABK melalui adaptasi kurikulum, pembelajaran, penilaian, dan sarana prasarananya,”Ujarnya, Sabtu (01/12/2018).

Pentas Seni ini Menampilkan Kesenian CETIK dari SLB Baitul Jannah, Puisi dari SLB Bina Insani dan SLB Dharma Bakti, Menyanyi dari SLB Metro dan Growing Hope, Tari Kreasi dari SLB metro dan Dharma Bakti, Pantomin dari SLB Metro, Dongeng dr Baitul jannah, serta penampilan dari Mahasiswa Pendidikan luar biasa UM Lampung.

Sementara itu, Rektor UML DR. H Dalman Mpd. Menyampaikan, UML saat ini sudah sangat maju dengan kampus yang sudah terakreditasi institusi B serta Semua prodi yg terakreditasi oleh Ban PT. Tahun ini kita akan tingkatkan akreditasi B ke A utk Tiap Prodi Di UML.

“Di Sumatera hanya ada 3 perguruan tinggi yang mempunyai Prodi Pendidikan Luar Biasa, salah satunya di UM Lampung, tentunya ini menjadi kebanggan bagi masyarakat Lampung,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Menurutnya, ini peluang yang baik bagi prodi PLB untuk mencetak guru anak berkebutuhan khusus di provinsi Lampung, Untuk itu UML meyelenggarakan Pentas seni untuk anak disabilitas supaya masyarakat lebih peduli pada anak berkebutuhan khusus (abk).

“Adanya Prodi Pendidikan Luar Biasa di Lampung harus didukung penuh oleh semua pihak.karena prodi tersebut merupakan bagian dalam pembangunan sumber daya manusia berkualitas.Semua dosen, mahasiswa, dan masyarakat Lampung harus turut serta memajukan Prodi Pendidikan Luar Biasa di UM Lampung. Prodi ini mampu meningkatkan SDM khususnya bagi masyarakat memiliki keterbatasan diri,”Jelasnya.

Kemudian Rektor UM Lampung, Dr.Dalman juga menambahkan jika semua perguruan tinggi wajib memberikan kesempatan kepada disabilitas untuk memperoleh pendidikan, tidak terkecuali UM Lampung. Hal tersebut tertuang dalam amanah undang-undang dan patut dilaksanakan.

“UM Lampung telah melaksanakan undang-undang karena telah memiliki Prodi Pendidikan Luar Biasa. Ini adalah kebanggan bagi kita semua,”Tutupnya.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Kasi kurikulum Bidang PKLK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi lampung, Megawati dimana dalam sambutannya beliau menyampaikan Bahwa Universitas Muhammadiyah Lampung melalui Prodi Pendidikan Luar Biasa (PLB), harus lebih pro aktip dalam setiap kegiatan dan dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Lampung.

Humas UML

Komentar