Kapolri Resmikan Mapolda Yogyakarta Jadi Type A

Institusi, Nasional273 Dilihat
Mapolda Yogyakarta Jadi Type A (Foto : Halo Polisi.com)

Yogyakarta : Kapolri Jenderal Tito Karnavian meresmikan Polda DI Yogyakarta menjadi tipe A. Dengan kenaikan tipe ini, Kapolda Yogyakarta bakal dijabat oleh jenderal bintang dua.

“Secara resmi kenaikan Polda DIY yang semula tipe B, dipimpin Kapolda bintang satu, menjadi tipe A yang dipimpin Kapolda bintang dua,” kata Tito saat memberi sambutan di Polda Yogyakarta, Jalan Padjadjaran Ringroad Utara, Sleman, Yogyakarta, Jumat (7/12/2018).

Tito mengatakan kenaikan ini didasari berbagai pertimbangan dan kajian dari Polri serta Kemen PAN-RB. Di antaranya dinamika di DIY yang tinggi, pembangunan berkembang pesat, mobilitas penduduk, gangguan kamtibmas, kejahatan jalanan, dan kemacetan lalu lintas.

“Yogya juga dikenal sebagai pusat wisata selain Bali, ikon penting destinasi wisata internasional dan domestik, berbagai daerah memiliki penerbangan langsung ke Yogya, juga akan ada bandara baru. Kemudian Yogya menjadi pusat belajar, kota pendidikan dengan adanya berbagai perguruan tinggi ternama,” papar Tito.

“Ini harus diimbangi dengan peningkatan mekanisme dan manajemen Polda DIY,” sambungnya.

Tito menyebut kenaikan tipe Polda Yogyakarta tak sebatas pada Kapolda bintang dua, Wakapolda bintang satu, dan eselon di bawahnya ikut naik. Tapi yang utama adalah Polda akan diperkuat dari sisi personel, logistik, sarana dan prasarana, serta lainnya.

“Setelah acara ini nanti saya minta Kapolda DIY kerja sama dengan Mabes Polri, untuk masalah anggaran, perencanaan, peningkatan personel, sarpras, segera jemput bila dan proaktif sesuai standar apa yang dimaksud Polda tipe A. Ukuran terpenting ke depan adalah kinerja, harus mampu menjaga situasi DIY lebih aman, tertib, dan damai,” pungkasnya.

Detik.com

Komentar