Kinerja Kades Pauh Tanjung Iman ‘Buruk’ Tak Mampu Kelola Anggaran Bumdes

Kabar Daerah136 Dilihat
Bumdes (Foto : Net/Ist)

Lampung Selatan : Pengelolaan Badan usaha milik Desa (BUMDES) Desa Pauh Tanjung Iman yang bersumber dari Dana desa 2107-2018 tidak berjalan alias mandek, hal ini ditenggarai oleh buruknya kinerja pemerintahan desa setempat.

Akibatnya, hal itu berdampak pada  protes masyarakat setempat, akibat tidak ada atau belum di bentuknya Bumdes itu oleh pemerintah desa, padahal secara teknis dana itu sudah tersedia untuk kemajuan masyarakat dan Desa Pauh Tanjung Iman itu sendiri.

“Tidak adanya keteransparanan kepala desa terhadap masyarakat, makanya kami menanyakan kemana dana BUMDES itu, sudah akhir tahun 2018 ini tapi kok belum juga di bentuk badan usahanya,” Ujar seeorang warga secara Anonim.

Menanggapi hal ini,  Kepala BPD Desa Pauh Tanjung Iman, Samsudin menjelaskan, pihaknya  sudah sering kali mengusulkan pada pemdes agar kegiatan itu cepat di bentuk, baik itu kepengurusan BUMDES maupun unit usahanya mengingat ini sudah sampai pada penghujung tahun dan harus dipertanggungjawabkan.

“Saya sudah beberapa kali menghimbau dan mengusulkan kepada kepala desa agar segera membentuk anggota BUMDES itu, tetapi sejauh ini kepala desa seolah tutup mata dengan usulan yang sudah saya sampaikan kepada beliau, saya capek sendiri,”Ujar Samsudin, Kamis (06/12/2018).

Hal senada Bidang Ekonomi BPMD yang menangani bumdes yakni  Bapak, Sampurno turut menyesalkan buruknya kinerja pemdes, yang seolah tak mampu menyerap anngaran pemerintah dengan baik, atas hal itu pula pihaknya menyatakan akan segera turun kelapangan mengecek akar permasalahan yang ada.

“Kami akan segera turun kelapangan untuk memonitor langsung perkembangan BUMDES yang ada di desa tersebut,”Ketusnya.

Sementara itu, saat Kepala Desa Pauh Tanjung Iman ALPIAN, mengatakan, bahwa dana BUMDES Tersebut sudah ada tetapi hingga saat ini masih standby di rekening Desa.

“Dana tersebut sudah ada di rekening Desa dengan total keseluruhan Seratus Enam Puluh Sembilan Juta Rupiah (169.000.000). Namun sampai akhir tahun 2018 ini kami aparat desa belum Membentuk Kepengurusan BUMDES tersebut, dikarenakan masih belum adanya anggota yang siap,”Ujar Alpian saat di temui di ruang kerjanya.

Penulis : Syahroni/DH

Komentar