Warga Pulau Subesi dan Sebuku Dipengungsian Hingga Seminggu Kedepan

Warga Pulau Subesi dan Sebuku Dipengungsian Hingga Seminggu Kedepan

Lampung Selatan: Dengan alasan keselamatan dan memudahkan bantuan kepada para korban Tsunami, sebanyak 1.690 warga dari Pulau Sebesi dan Sebuku yang berada di dekat Gunung Anak Krakatau dievakuasi dan berdatangan ke Lapangan Tenis Indoor Kalianda Lampung Selatan, Rabu, (26/12/2018) lalu.

Adapun beberapa pertimbangan warga yang meminta turut untuk evakuasi adalah karena posisi di pulau tersebut dekat dengan Gunung Anak Krakatau, kemudian beberapa alasan lain karena cuaca yang makin tak bersahabat dengan terus terjadinya erupsi GAK, sementara alasan lain bagi pemerintah ialah menjaga keamanan serta memudahkan bantuan.

“Kami diangkut dwngan beberapa kapal dan tiba di Pelabuhan Bakauheni pafa rabu siang, kemudian dari sana kami dibawa ketempat sekarang yakni Lapangan Tenis Indoor Kalianda Lampung Selatan, menggunakan armada Bus,”Kata Robi salah seorang pungungsi dari pulau subesi.

Dilanjutkanya, pada saat pengunsian. Sebagian warga memilih tetap tinggal karena memiliki beberapa pertimbangan menurut mereka masing-masing, meski demikia ia memastikan sebagian mereka yang teringgal masih waspada hingga saat ini.

“Ya ada sebagian yang tinggal, alasanya macem-macem, masih waspada semua,”Tukasnya.

Sesampainya di lokasi mereka telah disediakan bantuan dari pemerintah seperti makanan, baju dan selimut maupun bantuan lainnya yang terus berdatangan hingga seminggu depan, sambil menunggu perkembangan selanjutnya.

Penulis : Putra/Dendi Hidayat

Komentar