Ini Kabar Terkini Warga Pulau Subesi Pasca Tsunami

Warga Pulau Subesi dan Sebuku di Posko Pengungsian

Lampung Selatan : Hari Ke-enam Pasca Tsunami yang menimpa Banten dan Lampung sejak sabtu malam (22/12/2018) lalu, kini warga Pulau Subesi yang semula dikabarkan terisolasi sudah mulai membaik, hal ini dikatakan sekdes Pulau subesi, bapak syamsir saat menyampaikan kondisi terkini warganya baik yang ada di posko maupun di pulau.

“Pasca Evakuasi besar-besaran kemaren warga yang tinggal di pulau subesi hingga saat ini mungkin hanya sekitar 500an jiwa, sementara sisanya ada di posko pengungsian dan wilayah lampung selatan, namun yang perlu kita syukuri kondisi kami sudah mulai membaik,”Ujar Sekretaris Desa, Syamsir, Jum’at (28/12/2018).

Beberapa pengungsi yang berada di lapangan tenis kalianda kini dikabarkan kondisinya sudah mulai pulih, baik itu secara kesehatan maupun psikis akibat terjangan tsunami dasyat saat itu.

“Kami hanya tinggal menunggu instruksi pemerintah, kalau dikatakan kondisi cuaca sudah normal ya kami siap kembali, untuk warga yang terdampak rumahnya juga sudah kami laporkan ke dinas permukiman ya tinggal menunggu recovery saja,”katanya.

Syamsir juga mengaku telah menyampaikan ke dinas permukiman kabupaten Lampung Selatan, tentang berapa jumlah kerusakan rumah warga maupun infrastruktur yang perlu di benahi, meskipun masih secara global tetapi data itu disampaikan untuk segera ditindak lanjuti.

“Asesment sementara sudah saya berikan kepada mereka (Dinas permukiman) misalnya berapa rumah yang terdampak dan lainya, semoga cuaca membaik dan rumah warga cepat dilakukan perbaikan, “Tukas Syamsir.

Diketahui, jumlah warga secara keseluruhan di Pulau subesi ada sekitar 815kk dari empat dusun dengan jumlah jiwa individu sekitar 2800 an orang.

Penulis : Putra

Komentar