Asosiasi Pembenih Udang Minta Pemerintah Bantu Revitalisasi Pasca Tsunami

Asosiasi Pembenih Udang Minta Pemerintah Bantu Revitalisasi Pasca Tsunami

Lampung Selatan: Provinsi Lampung sebagai gudang terbesar produksi udang Nasional pada tahun 2019 ini, Para pelaku menargetkan lampung menjadi produsen udang terbesar nasional, Hal tersebut sudah di persiapkan oleh para pelaku bisnis perudangan sejak pertengahan 2018.

Target itu menjadi upaya menindaklanjuti perintah presiden untuk meningkatkan devisa negara melalui peningkatan ekspor nasional dari komoditas khusus udang, Pada Rakor KEIN di bandar lampung pada 17/april/2018 Lalu

Namun di akhir desember 2018, dunia perudangan lampung, khususnya Hatchery Sebagai penyuplai benih bagi petambak udang mengalami musibah bencana tsunami, yang memporakporandakan, Pembenih udang dari 133 Hekare yang ada di seputaran kalianda dan Rajabasa.

Dari sekitar 86 Hektare yang habis di terjang tsunami sekitar 300 juta per bulan, baik jenis udang windu maupun udang jenis vanname, yang dipastikan menjadi penurunan sebesar 75% produksi benih udang yang ada di lampung.

Saat di mintai keterangan oleh wartawan Metropolis.co.id pada Rabu (09/01/2019) polman siregar sebagai humas APU, Lampung Selatan, membenarkan kejadian yang melanda para pembenih udang yang ada di kalianda dan rajabasa, dan dirinya mewakili seluruh pembenih udang, Berharap kepada pemerintah.

“Untuk itu kami dari Asosiasi pembenih udang (APU) Lampung selatan sangat mengharapkan campur tangan pemerintah yang cepat, semoga Bupati lampung selatan, Gubernur lampung, dan kalau bisa kementerian perikanan dan kelautan Republik indonesia, untuk bisa membantu kami dalam melakukan revitalisasi guna memulihkan kondisi yang ada,” ujar polman siregar.

Penulis : Dendi Hidayat

Komentar