DPRD Lamsel Minta Dinkes Sosialisasikan Pengaktifan Kartu BPJS

Lampung Selatan234 Dilihat
DPRD Lamsel Minta Dinkes Sosialisasikan Pengaktifan Kartu BPJS

Lampung Selatan: Komisi IV DPRD Kabupaten Lampung Selatan. meminta pihak Dinas Kesehatan untuk membuat surat edaran terkait soal pengaktivan kartu BPJS.

Hal ini di katakan oleh Anggota DPRD Lampung Selatan. Komisi IV dari fraksi Golkar. Akbar Gemilang saat melakukan kunjungan kerjanya di Puskesmas Karang Anyar Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Selasa (15/1/2019).

Menurut Akbar dengan adanya sistem peng aktivan kartu BPJS tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu ini membuat kesimpang siuran di masarakat terkait hal tersebut, oleh karenanya pihak Dinas kesehatan untuk mengklarifikasi adanya sistem tersebut ke pihak BPJS.

“Karena bagaimana pun juga pelayanan kesehatan adalah menyangkut hajat hidup orang banyak. terutama bagi masyarakat miskin yang selama ini merasa tertolong dan di bantu oleh adanya penggunaan kartu BPJS secara langsung dan tidak harus menuggu sampai 14 hari setelah pembuatan.”ujar Akbar.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Lampung Selatan. M. Akyas. mengatakan dengan adanya sistem ini saya meminta agar Dinas kesehatan melakukan upaya klarifikasi dengan pihak BPJS dengan tidak dapat digunakanya secara langsung, setelah pembuatan kartu BPJS.

“Karena kami memandang bahwa jika persoalan ini tidak bisa diselesaikan maka yang sangat dirugikan itu adalah pihak masyarakat miskin, “Jangan sampai misalnya karena ada orang yang sakit yang harus mendadak membuat kartu BPJS, Namun tidak dapat di gunakan langsung oleh masyarakat, sebab tanpa adanya pemberitahuan dan surat edaran yang resmi dari Dinas Kesehatan, malah justru masyarakat yang ingin mempergunakan jasa pengobatan dari BPJS Kesehatan itu malah tidak tercapai,”ujar Akyas.

“Padahal mereka sendiri sudah memiliki kartu BPJS Kesehatan, dan bahkan ada di antara mereka yang menjadi peserta BPJS secara mandiri, yang artinya mereka secara rutin setiap bulan beserta keluarganya membayar kepada pihak BPJS Kesehatan,”kata Wakil Ketua Komisi IV DPRD Lampung Selatan. M. Akyas dari fraksi PKS.

Sementara itu Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan melalui Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Puskesmas Karang Anyar Kecamatan Jati Agung. Sudibyo, mengucapkan banyak terimakasih kepada para wakil rakyat yang telah berkunjung.

“Saya berharap dengan adanya kunjungan dari rekan rekan anggota Dewan ke wilayah kerja kami dapat memotifasi dan menambah lebih baik untuk memberikan pelayanan di bidang kesehatan khususnya di wilyah kerja kami. “ucapnya di ujung sambutanya.

Dendi Hidayat

Komentar