Menteri Kominfo Rudiantara Dilaporkan ke Bawaslu Soal ‘Yang Gaji Kamu Siapa’

Institusi, Nasional247 Dilihat
Rudiantara saat menunjukkan desain papan sosialisasi Pemilu. Di momen ini, keluar ucapan ‘yang gaji kamu siapa?’. (Foto: dok. Kemenkominfo)

Lampung : Pasca ramainya pernyataan menteri Kominfo, Rudiantara terkait ‘yang gaji kamu siapa’? rupanya berbuntut panjang, penyataan yang tak sehat dan tak mendidik itu berujung pada pelaporan oleh Advokat Cinta Tanah Air kepada Bawaslu.

Meski pernyataan kontroversial Rudiantara mendapat pembelaan dari beberapa pihak, nyatanya Rudiantara tetap dilaporkan ke Bawaslu oleh Advokat Cinta Tanah Air (ACTA). ACTA mengatakan pernyataan Rudiantara adalah penggiringan opini.

“Iya dan selalu dikatakan mana yang nyoblos nomor satu, mana yang nomor dua. Seolah-olah audiens harus semua nyoblos nomor satu. Seakan-akan ya walaupun tidak ada kalimat seperti itu, penggiringan sudah ada,”Ujar pelapor dari ACTA, Nurhayati, di gedung Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (1/2).

Dilansir dari detik.com. ACTA melaporkan Rudiantara dengan Pasal 282 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Dalam laporannya, ACTA memasukkan bukti berupa rekaman video dan berita media.

Bawaslu memastikan akan memproses laporan Rudiantara. Tidak tertutup kemungkinan Bawaslu akan memanggil Rudiantara sebagai terlapor.

“Iya, tidak tertutup kemungkinan akan dipanggil,” ujar anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin kepada detikcom, Jumat (1/2).

Menyikapi pelaporan ke Bawaslu, Kominfo akan menyampaikan klarifikasi utuh pernyataan Rudiantara. Yang jelas, Kominfo menegaskan ucapan Rudiantara tidak berkaitan dengan pilpres.

“Kepada Bawaslu, kami akan menyampaikan klarifikasi lengkap apa yang terjadi dalam kegiatan Kominfo Next 31 Januari 2019 di Hall Basket Senayan,” terang Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu saat dimintai konfirmasi, Jumat (1/2).

Menanggapi hal ini pula, pihak Kementerian Kominfo memastikan akan memberi penjelasan ke Bawaslu.

“Kepada Bawaslu, kami akan menyampaikan klarifikasi lengkap apa yang terjadi dalam kegiatan Kominfo Next 31 Januari 2019 di Hall Basket Senayan,” kata Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu saat dimintai konfirmasi, Jumat (1/2/2019).

Penulis : Putra/DTk

Komentar