Plt Bupati Nanang Pimpin Upacara Hari Kelahiran Pancasila

Plt Bupati Nanang Pimpin Upacara Hari Kelahiran Pancasila

Lampung Selatan : Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto memimpin upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun 2019 dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, Sabtu (1/6/2019).

Upacara yang dipusatkan di Lapangan Korpri, Pemkab Lampung Selatan itu, turut dihadiri Kapolres Lampung Selatan AKBP M. Syarhan, Kasdim 0421 Lampung Selatan Mayor Infantri Agus Waluyo, serta Hakim Ad Hoc Tipikor Pengadilan Tinggi Pontianak Elik Murtopo.

Hadir juga perwakilan kejaksaaan, Sekretaris Daerah Fredy SM beserta seluruh Kepala Organisasi Perangat Daerah (OPD), dan diikuti unsur TNI, Pol PP, Pramuka, Satpam, PDAM dan segenap Korpri dilingkup Pemkab Lampung Selatan.

Dalam amanatnya, Nanang Ermanto yang membacakan amanat Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia mengatakan, Pancasila sebagai dasar negara, indeologi negara, dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME untuk bangsa Indonesia.

“Walaupun kita belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi ke-Indonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” ujar Nanang.

Menurut Nanang, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi, harus terus diperjuangkan. Karena, keberagaman kondisi geografis, flora, fauna, hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Dendi Hidayat

Komentar