Kota Bandar Lampung Butuh Walikota Berwawasan Water Front City

Politik, Saburai177 Dilihat

Bandar Lampung : Menggugah kembali persoalan Kota Bandarlampung sebagai wilayah tepian laut, bahkan sebagian merupakan daerah tepian sungai atau kali yang layaknya sebuah kota berdampingan dengan lingkungan air, perlu penataan dan menjadi perhatian pemerintah.

Senator Lampung yang juga akademisi dan Ketua Yayasan Universitas Mitra Indonesia (UMITRA) ini, terkait topik Water Front City (daerah tepian laut, sungai dan danau) mengangkat pendapat.

“ini saat yang tepat untuk berbicara lingkungan kota yang asri, bersih, nyaman dan bebas banjir karena sebentar lagi ada Pemilihan Walikota. Kota kita ini memerlukan Walikota yang berwawasan Water Front City (WFC),”ujarnya.

Hal ini sangat berkait dengan visi seorang kandidat walikota merencanakan kota ini mau dijadikan apa khususnya fakta Bandarlampung adalah kota yang berhadapan dengan laut dan sungai.

“Alangkah naif jika kandidat Walikota ke depan melupakan kota kita ini dikelilingi air. Perlu ada perencanaan berkelanjutan khususnya wilayah tepi laut di Telukbetung, Panjang serta wilayah Tanjungkarang yang dialiri sungai-sungai,”Urainya.

Kota Bandar Lampung Butuh Walikota Berwawasan Water Front City

Dilanjutkannya, paling tidak, ada empat kemanfaatan pengelolaan kota yang berbasis air yaitu pengendalian banjir, Lingkungan hijau, efek wisata dan kenyamanan warga kota.

“Banjir tentu dapat diatasi dengan perencanaan WFC termasuk potensi wisata yang bisa diraih terutama wilayah tepi laut. Jika ditata dengan indah, kota ini akan menjadi potensi destinasi wisatawan,”sebut Andi Surya.

Oleh karenanya, dilanjutkannya, siapa pun kandidat terpilih sebagai Walikota Bandarlampung disarankan agar dari sekarang memiliki konsep penataan WFC, perencanaan WFC cukup kompleks melibatkan sumber daya yang cukup besar maka saya juga mendorong agar Walikota Bandarlampung terpilih nantinya melakukan kajian secara mendasar terhadap konsep WFC.

“Untuk itu Walikota terpilih harus mampu berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Lampung melalui Gubernur Lampung definitif yang sesaat lagi akan dilantik, untuk secara bersama-sama mewujudkan Bandarlampung Water Front City yang indah dan nyaman,” pungkasnya.

Red/Rls

Komentar