Jelang Acara Puncak, 40 Anggota Pramuka Lampung Terima Lencana TPOD

Bupati Parosil Saat Penyerahan Lencana TPOD Untuk Anggota Pramuka Terpilih

Balik Bukit : Jelang acara puncak peringatan HUT Pramuka ke-58, sebqnyak 40 orang anggota dan pengurus pramuka Lampung mendapatkan tanda penghargaan orang dewasa (TPOD) pada malam ulang janji di GOR Aji Saka desa Sekuting, Balik Bukit, Lampung Barat, Rabu malam (28/08/2019).

Ketua Kwarda (Kakwarda) pramuka Lampung Idrus Effendi mengatakan, ada tiga jenis penghargaan TPOD yang diterima oleh 40 anggota kwarcab dan andalan Kwarda Lampung, yakni, melati, pancawarsa dan Darmabakti.

“Ini rangkaian hari puncak HUT Pramuka ke 58, memang secara nasional sudah dilakukan oleh presiden, kemudian untuk di Lampung, kita juga melakukan berbagai tradisi, termasuk pemberian tiga jenis TPOD untuk malam ini,”Ujar Idrus, rabu Malam (28/08/2019).

Bupati Parosil saat Foto Bersama Dengan Anggota Pramuka di GOR Aji Saka, Sekuting

Terkait penetapan lokasi, kata Idrus, setiap tahun memang sengaja di rotasi, setelah dilakukan proses penentuan maka terpilihlah kwarcab Lampung Barat yang ditunjuk sebagai tuan rumah dengan pemusatan kegiatan di area Sekuting terpadu.

“Ini suatu kehormatan dari kwarda Lampung kepada Kwarcab Lampung Barat, untuk melaksanakan berbagai prosesi hingga puncak peringatan HUT Pramuka ke 58 di Lampung. Selaku pimpinan saya ucap terimakasih pada seluruh pihak terlibat,” jelasnya.

Ulang Janji dan Ucap Sumpah Pramuka di Lampung Barat

Lebih lanjut Idrus menjelaskan, acara puncak akan di helat pada kamis (29/08/2019) dengan prosesi upacara, secara jadwal juga akan dihadiri oleh wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim.

“Sebelum acara puncak, kita sudah lebih dulu menjalankan berbagai kegiatan, yakni, beberapa tradisi yang dikemas saat perkemahan, kemudian kegiatan pariwisata dan bakti sosial, termasuk penyerahan TPOD malam ini,” tuturnya.

HUT Pramuka di Lampung Barat

Dalam tema secara nasional bahwa gerakan pramuka siap membangun persatuan NKRI, kemudian secara aplikasi banyak kegiatan yang disampaikan oleh Kwarnas, kwarda dan kwarcab, semua kiprah itu selain bersinergi dengan pemerintahan, juga diharapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat dalam semua aspek.

“Kita siap membantu pemerintah daerah di Lampung, sesuai dengan program pemerintahan Gubernur Lampung agar Lampung Berjaya, itu sudah dan siap kita lakukan dalam semua aspek, pokoknya pramuka siap di garis terdepan dengan kader barkarakter yang kita miliki,” demikian Idrus.

Diketahui, sebelum penyerahan TPOD telah digelar berbagai rangkaian acara terpusat di Sekuting terpadu, termasuk kirab panjibdan ucap sumpah yang berjalan khidmat, suasana semakin terasa saat ucap janji, dimanq semuq cahaya dipadamkan, dengan digantikan oleh api obor.

Putra

Komentar