Alhamdulillah Tamong ! 2020 Pulau Pahawang Masuk Listrik 100 Persen

Nasional, Saburai196 Dilihat
Gubernur Arinal melakukan peletakan batu pertama (Groundbreaking) Saluran Kabel Laut  Pulau Pahawang

Pesawaran : Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan peletakan batu pertama (Groundbreaking) Saluran Kabel Laut Tegangan Menengah (SKLTM) Pulau Pahawang, di Dusun Kalangan, Desa Pahawang, Pesawaran, Rabu (20/11/2019). Dengan terpasangnya SKLTM ini, Ratio Desa Berlistrik di Provinsi Lampung tahun 2020 optimistis mencapai 100%. Pada tahun 2019 ini rasio tersebut telah tercapai 98,56%.

Menurut Gubernur, Groundbreaking SKLTM ini merupakan sinergi bersama PT. PLN dalam mewujudkan Lampung Terang Berjaya. “Masih ada sekitar 60 desa yang belum teraliri listrik. Dan di 2019 sudah terselesaikan 40 desa, termasuk Dusun Kalangan dan Pulau Pahawang Induk. Dan dalam waktu dekat akan menambah daya listrik, sehingga di tahun 2020 sudah tidak ada lagi desa yang tidak teraliri listrik,” ujar Gubernur Arinal.

Gubernur Arinal menjelaskan bahwa daerah Pahawang merupakan kebanggaan dari sisi pariwisata Lampung. Dan ke depannya akan menjadikan wilayah ini menjadi salah satu icon pariwisata Lampung, terlebih daerah ini akan teraliri listrik PLN.

“Kalau nantinya sudah terang, hatinya pun sudah terang. Artinya masyarakat Pahawang harus terbuka dan ramah dengan pengunjung yang datang, baik wisatawan lokal maupun internasional. Selain itu, harus turut menjaga dan memelihara biota laut Pahawang untuk menarik minat para wisatawan ke depannya,” ujarnya.

Gubernur Arinal menuturkan bahwa tugas PLN adalah menerangkan, tetapi perkembangan industri, ekonomi, pariwisata ada di luar PLN.

“Listrik memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Untuk itu, Pemerintah akan terus mendorong percepatan berbagai pembangunan infrastruktur kelistrikan di Provinsi Lampung, salah satunya dengan menambah energi PLTU yang telah disetujui dan akan terselesaikan dalam waktu 1-2 tahun. Sehingga benar-benar terwujud Lampung Terang Berjaya,” tegas Gubernur Arinal.

Selain meningkatkan energi listrik, Gubernur Arinal juga akan membangun dermaga kecil di Pahawang yang akan mendukung pembangunan jalan menuju dusun kalangan.

“Satu-satu akan dibangun. Saat ini listrik dulu, kalau ini bagus dan terjaga, maka akan lanjut dengan membangun dermaga kecil. Dalam 2-3 tahun juga akan mendukung pembangunan jalan menuju dusun kalangan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, sebelum melakukan Groundbreaking, Gubernur Arinal juga meninjau kapal tongkang jenis L City tipe SJP 168 A, yang merupakan Kapal pengoperasian untuk menarik kabel listrik dari Pulau Pahawang ke pulau Kalangan.

Sementara itu, Executive Vice President (EVP) Pengembangan Regional Sumatera PT PLN (Persero), Budi Pangestu menjelaskan bahwa 4 tahun lalu Kondisi kelistrikan di Pulau sumatera dan di Lampung masih banyak kekurangan dan mengalami devisit.

“Dan alhamdulillah sekarang kita sudah mempunyai cadangan sekitar 6-10 persen. Tentunya ini akan terus didorong, dan paling tidak cadangan kita dapat diangka 30 persen,” jelas Budi.

Budi menjelaskan saat ini terdapat 385 desa di Sumatera yang belum mendapat listrik dari PLN. “Untuk masyarakat Pahawang yang sampai saat ini masing menggunakan jenset, insya allah kalau SKLMT sudah jadi, maka listrik di Pahawang akan teraliri,” jelasnya.

Pembangunan SKLTM Pahawang ini sepanjang 1,8 Km, terdiri dari empat tahap yaitu produksi dan pengiriman kabel, penggelaran SKLTM, kontruksi jaringan darat, dan pengoperasian. Ditargetkan akhir tahun atau awal Januari 2020 SKLTM ini dapat terselesaikan.

“Apabila ini sudah mulai berjalan dengan baik, maka nantinya akan dikembangkan jalur ke daerah lainnya,” jelas Budi.

Pembangunan SKLTM ini memiliki manfaat dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan daya tarik investor untuk berinvestasi, ikut serta memperbaiki infrastruktur di daerah pembangunan jaringan distribusi tenaga listrik, membuka lapangan pekerjaan, dan meningkatkan pendapatan daerah.

Untuk itu, atas nama PLN, Budi mengucapkan terimakasih kepada Gubernur yang sudah mensupport PLN. “Ini atas kerjasama kita semua. Dan tanpa suport dari Gubernur Arinal maka PLN tidak akan mampu menjalankan program kelistrikan dengan baik,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati pesawaran Dendi Ramadhona atas nama pribadi dan masyarakat, menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Arinal atas groundbreaking SKLTM tersebut.

Dendi juga mengucapkan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya kepada PT. PLN Unit Induk Distribusi (UID) Lampung atas kepedulian dan peran sertanya dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat untuk mengalirkan listrik untuk kehidupan yang lebih baik dengan pemasangan SKLTM (Saluran Kabel Laut Tegangan Menengah) di Pulau Pahawang ini.

“Groundbreaking SKLTM Pahawang ini sudah diidam-idamkan masyarakat Pahawang. Dan atas komitmen dan dukungan Gubernur Arinal dalam mewujudkan Lampung Berjaya, maka groundbreaking SKLTM Pulau Pahawang dapat dilaksanakan. Dengan masuknya listrik ke pahawang, akan menjadikan Pulau Pahawang sebagai destinasi wisata bahari andaIan Kabupaten Pesawaran khususnya dan Provinsl Lampung pada umumnya,” jelas Dendi.

Humas Prov Lampung

Komentar