Bangkitkan Budaya Lokal Mesuji Lewat Tradisi Melebung

Kabar Daerah, Mesuji385 Dilihat
Bangkitkan Budaya Lokal Mesuji Lewat Tradisi Melebung

Mesuji, (Metropolis.co.id) – Pemerintah Kabupaten Mesuji saat ini sedang gencarnya membangkitkan kembali budaya lokal Mesuji sebagai daya tarik pengembangan potensi pariwisata, salah satunya tradisi melebung.

Kegiatan melebung ini diselenggarakan dentan dikemas menjadi sebuah lomba sebagai bagian dari rangkaian Festival Sungai Mesuji Tahun 2019 yang digelar di Halaman Kantor Kecamatan Mesuji, Wiralaga, Kamis lalu (21/11/2019).

Kegiatan perlombaan melebung berlangsung meriah. Hal ini terlihat dengan antusias dan banyaknya masyarakat yang hadir guna melihat dan juga mengikuti kegiatan melebung tersebut.

Dikatakan Plt Bupati Mesuji Saply TH, perlombaan melebung ini selain sebagai salah satu kegiatan untuk memeriahkan HUT Ke-11 Kabupaten Mesuji, juga sebagai salah satu cara melestarikan budaya dan tradisi, khususnya masyarakat Mesuji.

Menurutnya, kegiatan melebung ini tidak hanya tradisi menangkap ikan bersama, namun juga untuk menjaga silaturahmi antarmasyarakat.

Lanjutnya, melebung menjadi salah satu kearifan lokal yang kaya manfaat dan yang terpenting dari acara ini bukan hanya mendapatkan ikan yang ada di dalam lebung, melainkan adalah kegembiraan dan kemeriahan bersama-sama.

Bangkitkan Budaya Lokal Mesuji Lewat Tradisi Melebung

“Harapan saya, bahwa melebung ini harus dilestarikan kembali karena ini budaya yang diawali oleh leluhur kita, ini adalah kearifan lokal Mesuji yang patut kita lestarikan. Tradisi melebung ini ke depan juga berpotensi menarik wisatawan asal bisa mengemasnya dengan menarik,” ucap Saply.

Advetorial

Komentar