oleh

Nanang Minta Masyarakat Budayakan Gotong Royong

Nanang Minta Masyarakat Budayakan Gotong Royong

Lampung Selatan : Budaya Gotong royong merupakan salah satu budaya warisan dari Nenek moyang Bangsa Indonesia. yang harus dilestarikan. Sebab budaya gotong royong yang dulu sangat kental dengan kehidupan sehari hari bagi masyarakat desa hampir punah.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto. meminta kepada masyarakat Desa agar terus menggeliatkan budaya gotong royong yang merupakan warisan Nenek moyang.

“Budaya gotong royong yang dulu begitu kental dengan kehidupan masyarakat desa harus tetap dilestarikan. Budaya gotong royong juga diyakini dapat menjadi perekat kehidupan dimasyarakat. kata Nanang saat melakukan kegiatan Jum,at bersih di Desa Sripendowo, Kecematan Ketapang, Lampung Selatan, bersama masyarakat sekitar. Jum,at (6/12/2019)

Dalam kesempatan tersebut Nanang tampak kesal, pasalnya melihat di sepanjang jalan desa banyak gorong-gorong sudah mampet dan tidak berfungsi bahkan ada rumah warga yang tidak memiliki parit, tentunya ini akan menyebabkan banjir ketika musim hujan.

“Gorong-gorongnya pada mampet dan parit juga sudah tidak ada. Nanti ketika turun hujan air bisa masuk ke perumahan warga akibat gorong-gorong dan parit yang tidak berfungsi, Ini jalan yang sudah dibangun bisa rusak terkikis air, Nanti menyalahkan Pemerintah Daerah, karena dianggap tidak ada perhatian.” ketus Nanang.

Masyarakat disini harus peduli dengan lingkungan, jangan hanya ada Camat datang, Pemda datang baru gotong royong. Tidak mungkin warga dari kalianda atau warga tanjung bintang sana yang akan datang membersihkan di ketapang ini,
“Ini Lingkungan Bapak/ibu sendiri jadi harus diperhatikan dan dijaga kebersihannya”,Tegas Nanang.

Sementara itu Staf KUPT PUPR Kecamatan Ketapang, Parman mengatakan pihaknya akan segera memperbaiki dan membersihkan gorong-gorong dan parit rumah warga yang mampet.

“Untuk perbaikan gorong-gorong dan parit warga dusun 3 ini, akan kami kerjakan minggu ini. Nanti akan kami turunkan alat berat dan gotong-royong warga disini untuk membantu,” kata dia pada Nanang.

Selain ke Desa Sripendowo, Kunjungan Pemerintah Daerah pada kegiatan jum’at bersih kali ini juga mengunjungi Desa Taman Sari, Desa Lebungnala dan Desa Kemus seperti yang telah diagendakan sebelumnya.

Nanang juga menjelaskan bahwa kunjungannya kali ini bukan sekedar kegiatan Jum,at bersih tapi juga untuk mengetahui pembangunan di kecamatan dan desa dengan adanya Anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

“Kami ingin melihat kepedulian masyarakat disini terhadap lingkungan, kami juga ingin mengetahui secara langsung sejauh mana pembangunan di kecamatan dan Desa dengan adanya Anggaran DD dan ADD,” Ucapnya.

Untuk diketahui kegiatan jum’at bersih ini juga diikuti dengan agenda pelayanan-pelayanan seperti, Capil, Kesehatan, KB, Perizinan dan Dispenda.

Dendi Hidayat

Komentar

Tinggalkan Balasan