2020 Pemkot Bedah Rumah Sebanyak 400 Unit

Kotaku146 Dilihat
2020 Pemkot Bedah Rumah Sebanyak 400 Unit

Bandar Lampung : Pemerintah kota Bandar Lampung kembali mencanangkan program bedah rumah untuk tahun 2020 dengan proyeksi pembangunan mencapai 400 unit yang tersebar di beberapa kecamatan di Lapangan Merdeka Nila Kandi Bumiwaras Bandar Lampung, Selasa (10/12).

Kepala dinas perumahan dan kawasan pemukiman (Disperkim) kota Bandar Lampung, Yustam Efendi menerangkan, program bedah rumah ini sudah dilaksanakan pada tahun 2011. Namun program ini tidak serta merta diberikan kepada masyarakat. Tetapi ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, seperti tanah harus milik sendiri minimal SKT kalau tidak ada sertifikat.

“Nah kalau untuk sumber data kita berdasarkan konsultan kotaku. Tetapi kalau ada warga yang dianggap pantas untuk dibantu, maka kita bantu dan pemkot menyediakan sendiri,” ungkapnya.

Yustam menambahkan, pada tahun 2020 direncanakan akan dibangun rencanakan ada 403 unit rumah yang akan dibedah dengan bantuan berupa uang 15 juta per rumah dan tukang 2,5 juta sehingga jumlah total bantuan berjumlah 17,5 juta rupiah.

“Kita langsung kirim ke rekening, namun pelaksanaan penbangunan akan terus dipantau sampai selesai. Tahun ini sudah 187 di tiga kecamatan, Teluk Betung Timur (TBT) Sukabumi, dan Bumiwaras. Dan tabungan yang diberikan tadi adalah upah untuk tukang, karena di awal kita berikan untuk pembangnan nah untuk upah tukang kita berikan diakhir,” ungkapnya.

Sementara Walikota Bandar Lampung Herman HN mengatakan, program bedah rumah ini dilaksanakan tiap tahun. Dengan tujuan bagaimana membantu masyarakat tingkat bawah agar mendapatkan rumah layak huni dan menjadi baik lagi.

“Tiap tahun kita ada peningkatan dari jumlah rumha, karena kita juga dibantu oleh pemerintah pusat. Nanti di 2020 warga yang mau rumahnya dibedah bisa melalui camat dan lurah, dengan ketentuan tentu harus rumah pribafi dan tanah pribadi,” tandasnya.

Putra

Komentar