UKW PWI Bangun Integritas Profesi dan Etika Wartawan

Kabar Daerah, Metro106 Dilihat
Peserta UKW PWI ke XXI Saat Pembekalan dan Pra UKW

Kota Metro (Metropolis.co.id) – Ketua PWI Provinsi Lampung Supriyadi Alfian memastikan akan terus meningkatkan profesionalitas pengurus dan anggota di kabupaten/kota se Provinsi Lampung.

Demikian disampaikan Bang Yadi, –sapaan akrab Supriyadi Alfian–, saat memberikan sambutan pada pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Provinsi Lampung Angkatan XXI di Kota Metro, Jumat (13/12).

“Upaya ini baik melalui uji kompetensi wartawan maupun melalui pelatihan, workshop dan seminar penguatan integritas profesi dan etika serta peningkatan wawasan,” kata Bang Yadi.

Setelah UKW di Kota Metro, PWI Provinsi Lampung menggelar Workshop Penguatan Kompetensi Wartawan Provinsi Lampung di Balai Wartawan Hi. Solfian Akhmad pada 21 Desember 2019.

“Workshop kita gelar karena masih banyaknya keluhan-keluhan dari masyarakat, terutama mitra kerja dan stakeholder PWI Lampung terkait adanya praktik-praktik tidak bertanggungjawab yang mengatasnamakan wartawan,” ujarnya.

Terakhir, pada 21 November 2019, keluhan didengar langsung oleh Ketua Umum PWI Atap S. Depari pada acara Seminar Pendidikan di Kabupaten Tulang Bawang yang dihadiri hampir 600-an guru dan tenaga kependidikan.

“Citra yang terbangun di masyarakat bahwa masih terdapat oknum-oknum yang melakukan pemerasan. Dan perlu dipahami bahwa tidak semua wartawan merupakan anggota dan pengurus PWI. Namun demikian, PWI memiliki tanggungjawab moral untuk meminimalisir keluhan-keluhan tersebut dengan terus berperan meningkatkan profesionalitas anggota dan pengurus di kabupaten/kota,” pungkas Bang Yadi.

Richard/Rls

Komentar