Terus Bertambah, 362 Orang Meninggal Akibat Virus Corona

Nasional117 Dilihat
THE CENTRAL HOSPITAL OF WUHAN VIA WEIBO/Handout via REUTERS

Beijing, (Metropolis.co.id) – Wabah virus corona yang tengah merajalela di China dan berbagai negara, sejauh ini telah menewaskan 362 orang, termasuk satu korban yang meninggal dalam perawatan medis di Filipina. Lebih dari 17 ribu kasus virus corona terkonfirmasi di wilayah China dan berbagai negara.

Seperti dilansir AFP dan televisi nasional China Global Television Network (CGTN), Senin (3/2/2020), Komisi Kesehatan Nasional China mengonfirmasi sedikitnya ada 57 kematian baru akibat virus corona di wilayahnya. Dari jumlah itu, sebanyak 56 korban tewas di antaranya ada di Provinsi Hubei, yang menjadi pusat wabah virus corona.

Dengan demikian, sebut Komisi Kesehatan Nasional China, total 361 orang meninggal akibat virus corona di wilayah China daratan. Satu orang lainnya meninggal karena virus yang sama di Filipina.

Komisi Kesehatan Nasional China juga menyebut ada sedikitnya 2.829 kasus baru di wilayahnya. Ini berarti, jumlah kasus virus corona yang terkonfirmasi di wilayah China daratan total kini ada 17.205 kasus. Data itu tercatat hingga Minggu (2/2) tengah malam waktu setempat.

Laporan CNN menyebut secara global terkonfirmasi ada 17.384 kasus virus corona, yang dilaporkan telah menyebar ke sedikitnya 24 negara di luar China dan wilayah administrasi khususnya seperti Hong Kong dan Macau. Jumlah kasus terbanyak di luar China ada di Jepang dengan 20 kasus dan Thailand dengan 19 kasus.

Dalam pernyataannya, Komisi Nasional Kesehatan China juga menyebut ada 475 pasien virus corona yang dinyatakan sembuh. Tidak disebut lebih lanjut di daerah mana saja lokasi pasien yang dinyatakan sembuh ini.

Sementara itu, korban yang meninggal akibat virus corona di Filipina disebut sebagai seorang pria asal Wuhan yang berusia 44 tahun.

“Ini merupakan kematian pertama yang dilaporkan di luar China. Namun, kita perlu mengingat bahwa ini bukan kasus yang didapat secara lokal. Pasien ini datang dari pusat wabah ini,” sebut Perwakilan Badan Kesehatan Dunia (WHO) di Filipina, Rabindra Abeyasinghe.

Menteri Kesehatan Filipina, Francisco Duque, menyebut pasien yang tewas ini tiba di Filipina bersama seorang wanita China yang juga positif terinfeksi virus corona dan menjadi kasus pertama di Filipina. Departemen Kesehatan Filipina menyebut pria asal Wuhan ini menderita pneumonia parah setelah dikarantina di rumah sakit.

WHO telah menetapkan wabah virus corona sebagai situasi darurat global. Otoritas China kini terus mengambil langkah-langkah untuk mengendalikan penyebaran virus yang diyakini berasal dari sebuah pasar hewan di Wuhan. Langkah terbaru yang diambil adalah mengisolasi kota Wenzhou, yang berjarak 800 kilometer dari Wuhan, pada Minggu (2/2) waktu setempat.

Detik

Komentar