SMSI Sowan ke PT KAI

Institusi, Kotaku90 Dilihat
SMSI Sowan ke PT KAI

Bandar Lampung : Pengurus Serikat Media Siber (SMSI) Lampung melakukan audiensi dengan Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia (PT KAI).

Dalam paparannya, salah satu Pengurus SMSI Lampung, Senen kepada Kepala PT KAI Drive IV Tanjungkarang, Sulthon Hasanudin mengatakan, tujuan audensi tersebut untuk menjalin kerjasama dan ingin mendapatkan pemaparan seputar program yang dilaksanakan PT KAI.

Selain itu, kata Senen, pola kerjasama antara SMSI Lampung dengan PT KAI dapat direalisasikan dalam bentuk diskusi publik tentang perkeretaapian.

Melalui diskusi, ke depannya diharapkan ada serapan pengetahuan tentang apa sesungguhnya tugas pokok serta fungsi keberadaan PT KAI.

Hal ini juga untuk membuka mata publik baik itu dari kalangan pemerintah maupun masyarakat tentang pemahaman peraturan dan dampak dari aktivitas yang bersinggungan dengan PT KAI.

“Jangan hanya sebatas audensi tapi ada progres positif dari pertemuan ini. Harus ada kerjasama yang saling menguntungkan. Nanti akan kita rumuskan dalam suatu konsep berupa diskusi yang melibatkan seluruh stake holder,” kata Senen.

Ditambahkan Awaludin salah satu pengurus SMSI Lampung, bahwa saat ini banyak tumbuh media online di Provinsi Lampung. Dalam hal ini SMSI hadir sebagai wadah media online yang merupakan kepanjangan dari pengurus SMSI pusat Jakarta.

Agar media online yang ada di Provinsi Lampung ini bisa tertib, maka sesuai dengan edaran dewan pers harus dilakukan penertiban mulai dari kelengkapan administrasi sampai dengan kelengkapan perangkat kantor media.

Selain dua hal tersebut di atas, yang tidak kalah penting adalah struktur organisasi dari media itu sendiri bahwa pemimpin sebuah media harus memiliki syarat uji kompetensi atau sudah mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) utama. Dan itu saraf mutlak sesuai dengan edaran dewan pers demi penertiban dan menghindari media abal-abal.

“Maka dalam kesempatan ini kami beberapa pengurus yang hadir hari ini juga mewakili Ketua SMSI Provinsi Lampung, Doni Irawan yang tidak sempat hadir karena ada suatu dan hal. Beliau menyampaikan salam pada intinya meminta agar ada kerjasama ke depannya antara SMSI dan PT KAI tujuannya tak lain untuk mengawal pembangunan di Provinsi Lampung.

Kepala PT KAI Drive IV Tanjungkarang Sulthon Hasanudin menyambut dan mengapresiasi kedatangan pengurus SMSI Lampung. Sulthon bahkan ingin bicara dan mengupas habis soal tupoksi PT KAI dalam suatu forum diskusi.

Sepanjang dirinya memimpin Subdrive PT KAI Tanjungkarang, banyak awak media yang rutin melakukan konfirmasi terkait kinerja pihaknya.

“Banyak sekali media yang datang untuk meminta informasi,” kata Sulthon.

Menurutnya, media memang harus ada wadahnya, apalagi saat ini banyak sekali organisasi media.

“Tinggal bagaimana mereka mempertanggungjawabkan tulisannya dan tetap mengacu pada Undang-undang Pers, ” tandas Sulthon.

Red

Komentar