Siaga Corona, Disdik Lamsel Liburkan Sekolah 2 Minggu

Cegah Corona, Disdik Lamsel Liburkan Sekolah 2 Minggu

Lampung Selatan, (Metropolis.co.id) –  Kebijakan meliburkan sekolah sebagai antisipasi meluasnya wabah virus corona di Indonesia juga diambil Pemkab Lampung Selatan. Lembaga pendidikan yang bernaung dibawah Dinas Pendidikan (Disdik) Lamsel memberikan waktu libur sekolah selama 14 hari mulai 16 Maret – 29 Maret 2020.

Plt. Kepala Disdik Lamsel Thomas Amirico mengungkapkan, kebijakan ini berdasarkan instruksi Presiden RI Joko Widodo, yang diteruskan melalui surat Plt. Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto. “Draf nya tinggal diteken oleh Pak Plt. Bupati. Yang pasti, sekolah diliburkan selama 14 Hari,” ungkap Thomas melalui sambungan telepon, kemarin.

Dia menegaskan, keputusan tersebut diambil dalam langkah mengantisipasi meluasnya penyebaran virus covid – 19 ke wilayah Lamsel. Namun, dia memastikan sejauh ini tidak ada warga sekolah baik pelajar maupun tenaga pendidik yang terindikasi mengidap penyakit tersebut.

“Apalagi kami terus melakukan pemantauan melalui dewan guru. Mulai dari membiasakan diri cuci tangan, jaga kebersihan lingkungan hingga pola hidup sehat. Tapi, langkah ini diambil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tegasnya.

Meski libur, lanjutnya, pihaknya berharap para siswa tetap melakukan aktivitas belajar dirumah. Agar para siswa tidak ketinggalan materi pelajaran yang diberikan melalui sekolah.

“Tetap belajar sendiri dengan melanjutkan materi yang sudah diajarkan. Jadi libur bukan waktu untuk santai apalagi bermain. Kami imbau tetap jaga kesehatan selama sekolah diliburkan,” tutupnya.

Dibagian lain, Pj. Sekkab Lamsel Thamrin, S.Sos tidak menampik kegundahan masyarakat pasca penularan virus Corona di Indonesia. “Waspada boleh, tapi jangan terlalu panik. Kita sikapi wabah penyakit ini dengan cara menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh melalui pola hidup bersih dan sehat,” ujar Thamrin.

Meski demikian, pihaknya memastikan sejauh ini berbagai pelayanan publik diwilayah Bumi Khagom Mufakat tetap berjalan dengan baik.

“Pelayanan tetap berjalan baik. Kami terus pantau, bahkan Pak Plt. Bupati yang langsung turun melihat kondisi di lapangan,” pungkasnya.

Dendi Hidayat

Komentar