oleh

Kunker ke Lampung, Mentan Syahrul Yasin Limpo ‘Masuk’ Sawah

Perdana ke Lampung, Mentah Syahrul Yasin Limpo ‘Masuk’ Sawah

Lampung Tengah, (Metropolis.co.id) – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi turun langsung ke sawah dengan mengemudikan traktor, pada kegiatan Gerakan Percepatan Olah Tanah/ Tanam (GPOT) Padi di Kampung Tempuran, Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah, Jumat (19/6/2020).

Kegiatan ini sekaligus membuktikan kesiapan Provinsi Lampung menjadi sentra kekuatan pangan nasional.

“Saya secara yakin mengatakan bahwa Lampung akan menjadi salah satu sentra kekuatan pangan nasional yang berkontribusi kepada DKI Jakarta dan daerah lainnya,” ujar Mentan Syahrul.

Acara diawali dengan mengemudikan traktor di hamparan sawah oleh Mentan bersama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dilanjutkan dengan menyaksikan olah tanah dan tanam padi dengan alat mesin pertanian (alsintan).

Hadir juga Bupati Lampung Tengah Loekman Djojosoemarto dan Wakil Ketua Komite II DPD RI Bustami Zainudin.

Menurut Mentan Syahrul, bahwa kegiatan ini menunjukan bahwa Provinsi Lampung patut dijadikan sebagai contoh karena karena lahan sawah yang begitu selesai panen, secara langsung dilakukan percepatan tanam.

“Kita melihat lahan-lahan sawah begitu selesai panen secara langsung dilakukan percepatan tanam, ini yang perlu dijadikan contoh. Begitu selesai panen jangan biarkan menganggur lahan sawah, langsung lakukan intervensi seperti ini,” katanya.

Syahrul juga menyebut Gubernur Arinal bersama para petani mampu memanfaatkan lahan dengan kondisi cuaca saat ini.

“Kita harus berpacu dengan cuaca yang ada dan Bapak Gubernur bersama Bapak Bupati dan seluruh petani yang ada di Lampung memanfaatkan itu. Saya kira ini menjadi salah satu contoh yang baik, bahwa respon pemerintah begitu cepat memberikan asistensi dan intervensi,” ujarnya.

Selain itu, masih kata Syahrul, menurutnya Lampung juga dalam menjawab tantangan pandemi Covid-19, mampu memperkuat lumbung pangan masyarakat.

“Artinya masyarakat sendiri harus bisa menyimpan cadangan-cadangan yang harus dipakai selama 6 bulan ke depan menunggu musim tanam berikutnya dan Lampung telah mempersiapkan itu dengan baik. Hari ini membuktikan Bapak Gubernur bersama dengan Bupati nya memperlihatkan kesiapan-kesiapan,” katanya.

Untuk itu, Mentan siap mendukung Lampung sebagai lokomotif pertanian di Indonesia.

“Pak Gub, saya gaspol di sini, saya sangat menaruh harapan. Saya hadir di sini karena Bapak Gubernur nya memang mantap dan saya menyambut baik kemauan Bapak Gubernur menjadikan ini nomor satu,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan kehadiran Mentan sebagai bukti keseriusan menjadikan Lampung sebagai lokomotif pertanian di Indonesia.

“Saya yakin bahwa Bapak Menteri secara serius akan menjadikan Lampung sebagai lokomotif pertanian itulah sebabnya beliau ada di sini,” ujar Gubernur Arinal.

Pada acara itu, dilakukan juga penyerahan bantuan di antaranya penyerahan klaim Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) Provinsi Lampung, Bantuan Alsintan, Bantuan Benih Jagung, Benih Padi dan Bantuan Kredit Usaha Tani (KUR).

Adpim

Komentar

News Feed