oleh

Enam Tenant Terpilih Pada Darmajaya Startup Competition 2020

Enam Tenant Terpilih Pada Darmajaya Startup Competition 2020

Bandar Lampung (Metropolis.co.id) – Inkubator Bisnis dan Teknologi (Inkubitek) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar presentasi singkat (pitching) terhadap peserta Darmajaya Startup Competition (DSC) 2020.

Proses pitching dengan empat dewan juri M. Ariza Eka Yusendra, Sabam Parjuangan, Niken Paramitasari, dan Lilla Rahmawati. Peserta mengirimkan video presentasi ke YouTube dengan standar pitch deck yang telah ditentukan dan dilanjutkan dengan tanya jawab melalui jitsi web.

Kepala Bagian Inkubitek & Career Center IIB Darmajaya, Lilla Rahmawati mengatakan terdapat belasan peserta yang mengikuti proses pitching.

“Dari puluhan peserta terdapat belasan yang mengikuti tahap pitching,” ungkapnya.

Proses pitching ini dilakukan sebagai tahap prasyarat menyeleksi bisnisnya mahasiswa dan peserta yang layak masuk ke tahap selanjutnya.

“Penilaian dilihat dari ide bisnis, market, model bisnis, dan kesiapan sumber daya serta lain-lainnya,” tuturnya.

Setiap peserta, lanjut dia, mendapat alokasi waktu dalam proses pitching 20 – 40 menit.

“Sebelumnya video peserta sudah dilihat oleh juri sehingga waktu yang tersisa banyak untuk melakukan tanya jawab,” ujarnya.

Dewan juri telah memilih enam tenant yang akan menerima pembiayaan.

“Sudah ada enam tenant yang terpilih. Semua peserta sangat bagus-bagus semua dari proposal bisnis yang diajukannya,” imbuhnya.

Sementara, Wakil Rektor 3 IIB Darmajaya, Muprihan Thaib, mengatakan DSC merupakan ajang bagi mahasiswa/i untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur.

“IIB Darmajaya sebagai kampus internasional dan entrepreneur memberikan bekal ke mahasiswa dalam bewirausaha dan memperoleh penghasilan sendiri serta menciptakan lapangan pekerjaan,” ungkapnya.

Dengan hal tersebut, lulusan IIB Darmajaya tidak hanya memiliki kemampuan akademik yang baik tetapi juga ditopang oleh kemampuan entrepreneurnya.

“Situasi Covid-19 ini juga membutuhkan kreativitas untuk melakukan inovasi dalam produk yang dihasilkan,” tutupnya.

Sebelumnya, peserta DSC 2020 telah mengikuti seminar online Design Thinking pada Kamis, (4/6/20). Kemudian, pada Jumat, (5/6/20) peserta juga telah dibekali oleh kemampuan design sprint.

Red

Komentar

News Feed