oleh

Bupati Nanang Ermanto Serahkan Alsintan Pada 13 Kelompok Tani

Bupati Nanang Ermanto Serahkan Alsintan Pada 13 Kelompok Tani

Lampung Selatan, (Metropolis.co.id) – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mengucapkan terimakasih atas berbagai bantuan yang diberikan Pemerintah Pusat melalui perjuangan Ketua Komisi IV DPR-RI, Sudin.

Hal itu disampaikan Nanang Ermanto saat memberikan sambutan pada acara penyerahan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada 13 Kelompok Tani yang berlangsung di Lapangan Desa Margo Mulyo, Kecamatan Jati Agung, Sabtu (1/8/2020).

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, saya mengucapkan banyak terima kasih atas berbagai bantuan yang diberikan,” ujar Nanang.

Ia menyebut bahwa ketua Komisi IV DPR-RI, Sudin sangat peduli dengan pembangunan Kabupaten Lampung Selatan. Beliau datang ke Lampung Selatan bukan hanya pada saat akan pencalonan legislatif saja, tetapi diberbagai kesempatan memberikan berbagai bantuan di sektor perikanan, sektor pertanian maupun sektor lainnya.

Nanang Ermanto mengatakan, kahadiran Sudin untuk silaturahmi pada masa reses ini, dalam rangka untuk memacu pembangunan pertanian. Utamanya dalam rangka mengejar peningkatan produksi, nilai tambah dan kesejahteraan petani.

“Seiring dengan pembangunan pertanian secara umum, penanganan sarana dan prasarana pertanian memegang peranan penting dan merupakan bagian integral sebagai pendukung pembangunan pertanian secara keseluruhan,” katanya.

Menurutnya, gukungan ketersediaan Alsintan khususnya pra tanam dan pra panen serta pasca panen diperlukan untuk mengatasi kelangkaan tenaga kerja pertanian serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas pekerjaan yang berujung pada peningkatan produktivitas pertanian serta penurunan biaya produksi.

“Hal mendasar dalam pembangunan sarana dan prasarana pertanian melalui pola bantuan pemerintah, yaitu adanya perubahan paradigma pembangunan yang menempatkan masyarakat selaku penerima manfaat bantuan pemerintah sebagai subjek dalam pelaksanaan kegiatan dilapangan,” jelasnya.

Nanang Ermanto juga berpesan pada kelompok tani penerima bantuan agar dapat menggunakan dan memanfaatkan bantuan yang sudah diberikan dengan baik dan sesuai dengan peruntukkannya serta bertanggungjawab di dalam pengelolaannya sehingga dapat meningkatkan hasil produksi demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lampung Selatan.

“Bantuan Alsintan ini untuk kelompok tani, bukan untuk perorangan atau ketuanya saja. Jadi tidak boleh dimonopoli,” kata Nanang.

“Saya juga meminta kepada Gapoktan untuk membentuk kader-kader muda. Arahkan agar mereka juga mencintai sektor pertanian,” kata Nanang lagi.

Kominfo

Komentar

News Feed